Ketika Anak suka Dandan??

11 November 2018 22:14 WIB

Anak-anak yang mestinya masih tampil polos, kini tak ragu berdandan dan didandani ibunya. Tak hanya busana dan sepatu. Produsen parfum, cologne, sampo dan cat kuku pun sekarang membidik pasar anak, dikemas dalam wadah bergambar yang menarik perhatiannya. Bagaimana sebaiknya kita sebagai orangtua menyikapi hal ini. Berikut beberapa cara seperti yang diilansir dari Babble.com:

- Ijinkan Anak Perempuan Berdandan
Ketika anak Anda mulai senang mencoba kalung milik Anda, mengenakan sepatu dan membawa tas kesukaan Anda, jangan larang mereka. Ini merupakan proses identifikasi normal pada anak perempuan. Pahami keinginannya namun jangan penuhi keinginannya untuk berdandan persis orang dewasa. Ajak ia ke toko aksesori untuk membeli kalung imitasi yang memang dirancang untuk anak dan biarkan ia memilihnya. Ketika kita mengajaknya berbelanja pakaian dan aksesori, arahkan pilihan pada produk yang dirancang untuk anak-anak seusianya, bukan baju anak model dewasa. Beri kebebasan anak untuk berdandan, misalnya memadu padankan baju dengan kalung dan bandana, kaus kaki dan sepatunya.
- Beri Nasihat dan Pengertian
Berikan pengertian serta nasihat pada Si Kecil bahwa anak-anak punya gaya berdandan yang berbeda dengan orang dewasa. Saat mereka ingin membeli baju, membeli sepatu seperti Anda,  jelaskan bahwa ia tetap dapat seperti Anda, tetapi dengan gaya yang berbeda. Misalnya memakai kalung, sepatu dan tasnya sendiri, khas Si Kecil. Bisa juga Anda membeli kain untuk dibuat gaun kembaran namun untuknya, tetap pilih model gaun seusianya. Anak akan senang, karena ia merasa seperti ibunya.
- Boleh Mencoba Sesekali
Lipstik dan parfum adalah hal baru bagi anak usia 3 tahun, sama seperti ketika ia melihat laptop atau kamera ayah. Benda tersebut juga menggugah rasa ingin tahunya. Jadi, tak perlu bereaksi keras dengan marah atau Anda khawatir anak akan ketagihan ketika Si Kecil mencoba lipstik  atau parfum Anda. Bisa jadi ia mencoba hanya penasaran ingin tahu rasanya. Jelaskan bahwa lipstik tidak dibuat untuk anak-anak.
- Tetap Waspada
Benda-benda seperti bedak, alas bedak, perona pipi atau eye shadow, dibuat untuk orang dewasa. Ini tidak aman digunakan oleh anak-anak, karena kulitnya peka dan rentan alergi. Jauhkan benda-benda ini dari jangkauan anak, karena bagaimana pun di usia ini ia ingin sekali meniru Anda. Arahkan untuk memakai kosmetiknya sendiri, yang masih dalam rentang usia balita 



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz