Tips Menjaga Kehamilan di Usia Muda Agar Ibu dan Bayi Sehat

Tips Menjaga Kehamilan di Usia Muda Agar Ibu dan Bayi Sehat
4 Maret 2020 06:35 WIB

 

Pertengahan Februari Lalu, publik dikejutkan dengan kabar bahagia dari pasangan yang menikah pada Mei 2019 lalu, Joe Jonas dan Sophir Turner. Pasalnya, pasangan selebriti Hollywood ini membagikan kabar akan kehamilan anak pertama mereka. Jika Womanblitzer tengah hamil muda seperti Sophie Turner, maka anda perlu perhatian ektra dalam menjaga kesehatan. Hal ini dilakukan untuk memastikan perkembangan janin dalam kandungan. Berikut beberapa tips untuk menjaga kehamilan di usia muda agar ibu dan bayi tetap sehat.

Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Harian

 

Memenuhi kebutuhan nutrisi harian menjaddi salah satu agenda penting bagi ibu hamil. Pasalnya, saat mengandung, ibu hamil tak hanya memerlukan nutrisi bagi diri sendiri namun juga bagi janin yang berada di kandungan. Menurut Angka Kecukupan Gizi tahun 2013, kebutuhan kalori ibu hamil pada tiap semester berbeda. Menurut penjelasan yang disampaikan dr. Merina Manik, M. Gizi dari RSUD Kramat Jati, di trimester pertama ibu hamil membutuhkan 180 kkal/hari, trimester kedua dan ketiga sebanyak 300 kkal/hari.

Olahraga Hamil

 

Ternyata berolahraga juga menjadi agenda penting yang harus dilakukan ibu hamil. The U.S Department id Health and Human Services merekomendasikan ibu hamil untuk melakukan aktivitas aerobik dengan intensitas ringan setidaknya 150 menit setiap minggu. Jika kegiatan aerobik dirasa berat, Womanblitzer bisa mencoba kegiatan lain seperti yoga atau pilates khusus kehamilan.  Tak lupa, durasi istirahat ibu hamil harus juga diperhitungkan.

Posisi Tidur

 

Saat tengah hamil, Womanblitzer akan mengalami eksulitan dalam menentukan possi tidur terlebih saat janin sudah mulai berkembang. Penting bagi Womanblitzer untuk emmiliki posisi tidur yang nyaman untuk mendapatkan istirahat yang cukup. Melansir dari kidshealth.com, beberapa dokter merekomendasikan agar wanita hamil tidur di bagian kiri. Hal ini bisa meningkatkan sirkulasi darah ke jantung .

Hindari Rokok, Minuman Beralkohol dan Batasi Jumlah Kafein

 

Womanblitzer pasti sudah mengetahui jika merokok dan mengkonsumsi minuman berakohol tidak baik untuk kesehatan ibu hamil dan janinnya. Bagi Womanblitzer pecinta kopi juga perlu untuk mengurangi konsumsi kafein saat hamil. Hal ini karena dapat memiliki efek buruk pada janin seperti keguguran, bayi lahir premature hingga bayi lahir dengan cacat fisik atau mental.

Periksa ke Dokter Secara Rutin

 

Setelah dinyatakan hamil, Womanblitzer perlu mengagendakan jadwal untuk melakukan pemeriksaan dokter secara rutin. Dalam kesempatan tersebut, Womanblitzer bisa berkonsultasi kepada dokter tentang keluhan serta masalah selama kehamilan serta meminta tips dan informasi seputas kehamilan. Pemeriksaans ecara rutin bisa memantau kesehatan ibu sekaligus janin yan ada di kandungan.

 


Search



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz