Suka pakai makeup wipes? mulai sekarang coba pikir ulang deh!

18 Mei 2019 22:11 WIB

 

Membersihakan wajah dengan teknik double cleansing tentu wajib hukumnya, apalagi untuk anda yang setiap hari berada di luar ruangan atau menggunaka make up yang cukup tebal. Nah, untuk first step cleansing, anda lebih suka memakai cara tradisional seperti menggunakan milk cleansing atau micellar water, atau cara praktis seperti makeup wipes?

Jika anda adalah team makeup wipes, simak penjelasan berikut agar terhindar dari bahaya produk instan tersebut!

Sebenarnya khadiran make up  wipes diciptakan sebagai emergency makeup removal, seperti saat olahraga dan ternyata lupa bawa first cleanser yang proper, bisa diakali dengan menggunakan makeup wipes ini. Atau pada industri modeling, makeup wipes dipakai untuk menghapus makeup ketika sedang photo shoot, yang biasanya butuh beberapakali menggani style makeup.

Lalu apa sih dampak buruknya bila menggunakan makeup wipes sebagai first cleanser setiap harinya? Bahayanya adalah kulit bisa menjadi kering, dehidrasi, iritasi, jerawatan dan masih banyak lagi efek buruknya.

Gesekan yang menimbulkan garis halus pada wajah

Coba hitung berapa kali mengusap-ngusap makeup wipes pada satu bagian wajah? Pasti lebih dari lima kali kan untuk memastikan makeup sudah terangkat dengan sempurna? Nah, bayangkan tahapan ini dilakukan setiap hari. Efek dari terlalu sering menggesek wajah dengan makeup wipes adalah kulit mudah iritasi dan mempercepat terjadinya kerutan halus pada wajah. Kalau ini dilakukan setiap hari, bahkan hingga menanuh yang terjadi adalah lapisan kulit rusak dan kulit akan terlihat kemerahan secara terus-menerus.

Makeup wipes nggak benar-benar membersihkan kotoran pada wajah

Berdasarkan beberapa ahli kecantikan, makeup wipes ternayata tidak benar-benar membersihkan kotoran yang ada di wajah kita. Malah, makeup wipes itu hanya menggeser/menyebarkan makeup, kotoran dan sel kulit mati keseluruh wajah. Karena poin pertama dan kedua ini lah yang menyebabkan kulit mudah infeksi atau inflamasi.

Kandungan alkohol/antibacterial yang tinggi

Alkohol memang nggak selalu buruk untuk kulit, namun dengan kadar alkohol yang tinggi dan dipakai menerus, malah bisa membuat kulit kering karena mengangkat minyak alami pada kulit. Apalagi kemasan makeup wipes hanya dikemasan sealer yang dibuka dan tutup, maka kandungan di dalamnya tinggi akan alkohol, surfactants dan emulsifiers yang bisa membuat kulit iritasi. Bahkan, untuk beberapa makeup remover yang ampuh banget untuk ‘mengangkat’ makeup sekali pulas, artinya kandungan detergent di dalamnya sangat tinggi.

Selain tiga hal di atas, bahan makeup wipes itu sendiri menjadi sampah lingkungan. Material makeup wipes membutuhkan waktu yang cukup lama agar bisa didaur ulang, belum lagi kemasan plastiknya. Nah, dengan artikel ini, semoga anda bisa lebih bijak saat ingin menggunakan makeup wipes dan hanya dalam situasi kepepet saja.

 



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz