Inilah Alasan Kenapa Parfum Kerap Dijual dengan Harga Mahal

20 November 2019 05:12 WIB

 

Apa Womanblitzer pernah bertanya-tanya kenapa selama ini parfum dijual dengan harga yang relatif mahal? Bahkan beberapa parfum dari merek terkenal bisa memiliki harga yang fantastis. Parfum sendiri memiliki berapa jenis, mulai dari Eau de Cologne, Eau de Toilette, Eau de Perfume hingga Perfume. Dari beragam jenis tersebut, Perfume merupakan yang paling mahal. Selain tingkat konsentrasi parfum yng menentukan harga, ternyata ada beberapa alasan lain kenapa produk yang memiliki bau wangi ini dijual dengan harga mahal.

Bahan Baku

 

Bahan baku menjadi faktor utama yang akan menentukan harga parfum dari yang murah hingga mahal. Pasalnya, terkadang ada bahan baku yang termasuk jenis langka atau lebih sulit diolah untuk menjadi essential oil dalam kandungan parfum. Kebanyakan, parfum pada luxury brand akan mnggunakan pure essential oil pada produknya. Karena semakin tinggi konsentrasi essential oil, maka bau wangi dari parfum akan bertahan lebih lama. Secara otomatis, harga parfum pun semakin mahal.

Proses Produksi

 https://edelivery.net/files/2016/08/67210_the-fragrance-shop.jpg

Selain bahan baku, proses produksi juga mempengaruhi harga yang akan dipatok untuk sebuah parfum. Proses-proses produksi seperti waktu, usaha hingga hambatan yang dilalui selama pembuatan akan menentukan harga parfum setelah jadi. Hal ini dikarenakan ada beberapa bahan baku yang memang susah diolah sehingga memerlukan usaha ekstra dalam membuat essential oil dari bahan tersebut.

Kemasan

 

Beralih dari tampilan luar, salah satu hal yang membuat parfum memiliki harga yang tinggi adalah kemasan produknya. Merek-merek parfum mahal biasanya cenderung memiliki kemasan yang lebih mewah dan bagus mulai dari bentuk, material hingga desain kemasannya. Tak jarang beauty brand kelas dunia akan menambahkan seperti emas atau kristal pada botol parfum mereka.

Biaya Penelitian dan Pengembangan

 

Hal ini  hamper mirip dengan proses produksi parfum, setiap brand parfum pasti memilki divisi penelitian dan pengembangan untuk membuat inovasi terbaru dalam pembuatan parfum. Tentu saja proses ini memerlukan biaya yang tidak sedikit. Umumnya perusahaan parfum sebelum memproduksi dalam jumlah besar, mereka terlebih dulu akan mencoba membuat dan meneliti parfum tersebut sampai mendapatkan tingkat ‘baik’ sesuai standar perusahaan.

 

 



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz