Cara Merawat Tanaman Agar Tidak Gampang Layu Saat Ditinggal Bepergian

Cara Merawat Tanaman Agar Tidak Gampang Layu Saat Ditinggal Bepergian
29 Mei 2021 12:09 WIB

Kadang-kadang untuk stay cation atau liburan ke dalam kota, banyak persiapan yang harus dilakukan. Utamanya bagi anda yang memiliki hewan peliharaan bahkan tanaman yang harus ditinggal. Untuk hewan peliharaan bisa anda titipkan ke kerabat terdekat ataupun pet shop. Namun, bagaimana jadinya dengan perawatan tanaman yang akan ditinggal lama? Berikut tips yang bisa anda coba.

Pertama, dengan irigasi alami. Anda bisa menggunakan botol plastik atau botol bekas kecap lalu isi air secukupnya. Irigasi ini berlaku untuk menyirami tanaman dalam pot atau pada lahan secara langsung. Caranya hanya dengan membalikkan botol dan pastikan agar bagian leher botol menancap dalam tanah sehingga bisa mengairi tanaman dengan lancar.

Cara kedua yang bisa anda gunakan adalah dengan kantong plastik yang tergolong mudah. Isi kantong plastik dengan air hingga ¾ bagian lalu ikat menggunakan karet. Tusuk beberapa lobang menggunakan paku lalu letakkan pada pot tanaman. Meskipun air yang mengalor tidak terlalu kencang, namun cukup untuk mengairi tanaman selama beberapa hari.

Langkah lainnya dengan menggunakan sabut. Lapisi bagian atas tanaman anda dengan sabut yang dapat memperlambat laju penguapan sehingga tanaman akan tetap segar. Cadangan air dalam sabut sewaktu-waktu bisa menetes juga untuk membantu proses pengairan tanaman.






Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz