yakin konsumsi vitamin c dapat sembuhkan flu?

9 Mei 2019 22:57 WIB

 

Berapa banyak dari Anda yang ketika membaca artikel ini sedang dilanda flu? Di musim yang tidak menentu ini flu sering kali menyerang imun tubuh. Jika sudah dilanda flu kepala terasa berat, lemas, meriang, dan kegiatan menjadi terganggu.

Selain menjaga asupan makanan, yang menjadi andalan adalah dengan mengkonsumsi suplemen agar tubuh tetap fit. Salah satu kandungan dalam suplemen tersebut adalah vitamin C. Lalu apa benar jika vitamin C mampu menghindari kita dari terjangkitnya flu?

Mengutip Healthline, pada tahun 1970 peraih Nobel Dr. Linus Pauling mengklaim bahwa vitamin C bisa mengobati flu atau pilek.

Dalam teorinya, ia mengatakan untuk mengkonsumsi vitamin C dalam dosis besar bahkan hingga 18.000mg per hari bisa mencegah flu hingga masuk angin. Namun sayangnya tidak ada penelitian yang memperkuat teorinya tersebut.

Beberapa periode kemudian muncullah penelitian yang justru hasilnya berbalik dengan teori Dr. Pauling. Dilansir dari Health.harvard.edu pada tahun 2003 terdapat 29 uji coba yang melibatkan 11.000 peserta.

Hasilnya para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang aktif menjalankan olahraga berat dan mengkonsumsi setidaknya hanya 200mg vitamin C per hari memiliki risiko lebih rendah untuk terserang flu. Sementara itu, mereka yang hanya mengkonsumsi vitamin C saja setiap harinya tidak mengurangi risiko terkena flu.

Lebih mengejutkan, bagi mereka yang rajin berolahraga sekaligus mengkonsumsi vitamin C akan terhindar dari gejala flu sebanyak 8x pada orang dewasa. Sementara pada anak-anak 14%.

Meskipun begitu, bukan berarti meminum vitamin C tambahan tidak berguna bagi tubuh. Pada kondisi sudah terserang flu, meminum vitamin C dapat membantu mengurangi keparahan serta durasi sakit. Namun bukankah lebih baik mencegah dari pada mengobati?

Sebaiknya, jangan hanya mengkonsumsi vitamin C ketika sudah terserang flu saja, ya. Tak ada salahnya untuk mulai rutin mengkonsumsi vitamin C setiap harinya dengan diimbangi berolahraga. Karena berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Menurut nutrisionis Cynthia Sass, MPH, RD mengatakan jika kebutuhan akan vitamin C setiap orang berbeda-beda. Ada yang tidak masalah jika mengkonsumsi hingga 2.000 mg vitamin C per hari. Namun, ada juga yang mual jika kebanyakan mengkonsumsinya. Bahkan, ada yang bisa diare, muntah, sampai sakit kepala.

Tidak hanya pada minuman tambahan, vitamin C juga bisa didapat dengan mengkonsumsi buah atau sayur. Vitamin C alami ini terdapat pada paprika merah, cabai, lemon, jeruk, brokoli, brussel, kiwi, stroberi, pepaya, nanas, hingga blewah.

 



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz