Tips Untuk Tidur Malam Yang lebih Berkualitas

2 Maret 2019 11:13 WIB

 

Berdasarkan dari polling terbaru yang dilakukan oleh National Sleep Foundation, 65 persen orang-orang mengetahui bahwa memiliki waktu tidur malam yang baik adalah saat-saat yang sangat penting untuk dapat selalu produktif keesokan harinya. Namun, hanya 10 persen dari masyarakat yang menjadikan tidur malam yang nyenyak adalah prioritas. Sama halnya dengan diet dan kegiatan berolahraga, tidur juga mudah untuk diabaikan. Berikut beberapa tips agar mendapatkan tidur malam yang lebih berkualitas.

 

Make the Time

 

Waktu tidur yang ideal untuk seseorang tergantung pada faktor genetik masing-masing, namun orang-orang membutuhkan tujuh hingga Sembilan jam untuk tidur, ungkap Michael Breus, PhD dari Los Angeles clinical psychologist and sleep specialist. Rata-rata siklus tidur seseorang adalah selama 90 menit dan rata-rata orang akan mengalami lima kali siklus tidur dalam semalam. Untuk mengoptimalkan durasi tidur, mulailah tidur tepat tujuh setengah jam sebelum bangun keesokan harinya. Menambahkan beberapa menit setiap hingga dapat bangun pada jam yang sama setiap harinya tanpa bantuan jam alarm.

 

Chill Out

 

Mengatur suhu udara di dalam kamar ke mode sejuk. Menurut Terry Cralle, RN, dari Washington DC sleep educator dan penulis dari Sleeping Your Way to the Top, “Ketika suhu tubuh menurun, orang cenderung akan mulai merasa mengantuk,” ungkapnya. Dapat juga dengan menggunakan kaos kaki yang nyaman. “Penelitian menunjukkan bahwa jika menghangatkan kaki yang dingin dengan menggunakan kaos kaki, pembuluh darah akan melebar dan memberikan sinyal ke otak bahwa sudah waktunya untuk tidur,” tambah Terry.

 

Embrace the Dark

 

Akan lebih bagus jika kamar dibiarkan dalam keadaan gelap menjelang tidur atau menggunakan sleep mask. Dan karena cahaya biru yang diproduksi oleh layar ponsel dan komputer memberi sinyal pada otak untuk menghentikan produksi melatonin, yang dibutuhkan untuk memejamkan mata, maka lebih baik jika berhenti untuk melihat layar setidaknya 45 menit sebelum tidur.

 

Try Aromatherapy

 

Salah satu cara yang dapat merelaksasi sekaligus mendapatkan tidur yang baik dan berkualitas adalah dengan menggunakan aromatherapy. Sebelum tidur, menyemprotkan aromatherapy pada ranjang dan bantal yang menurut penelitian dapat meningkatkan kualitas tidur.

 

 

(Cover source: Getty Images)

 

 



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz