4 Tips Pintar Mengelola Keuangan Bagi Orang Tua Baru

27 April 2019 23:39 WIB

 

Bukan rahasia umum lagi jika memiliki seorang anak adalah suatu hal yang mahal. Bahkan, bagi para orang tua baru yang anak-anak mereka lahir di tahun 2017, para orang tua baru ini harus mempersiapkan dana ekstra dengan semakin tingginya harga-harga kebutuhan tiap tahunnya. Selain itu, para orang tua pun harus mulai menabung untuk mempersiapkan dana untuk keperluan kuliah para putra putrinya. Amy Godwin, seorang perencana keuangan yang terlah bersertifikat sekaligus wakil dari Fidelity Investments’ Bethesda Investor Center berbagi tips pintar pengelolaan keuangan bagi orang tua baru. Berikut ulasannya dari Womanblitz.com.

 

1. Rencanakan dan Simpan untuk Keadaan Darurat

 

Kecelakaan atau keadaan darurat merupakan bagian dar hidup sekaligus bagian dalam memulai sebagai seorang orang tua baru yang penuh akan ketidakpastian. Amy menyarankan setdaknya untuk menyimpan sebanya 5 persen dari total gaji sebagai dana keadaan darurat. Jangan lupa untuk memisahkan dana ini dari dana yang digunakan sehari-hari.

 

2. Memulai Simpanan untuk Biaya Kuliah Sejak Dini

 

Di tahun 2030, biaya pendidikan tinggi di universitas negeri diprediksi akan semakin tinggi. Sehingga, sebuah hal yang bijak jika memulai untuk menyimpan dana kuliah untuk anak-anak sejak dini. Melakukan penyimpanan dana untuk pendidikan tak pernah terlalu dini, menurut Amy. Jika telah memulai untuk menyiman dana kuliah anak-anak sejak dini, akan terasa mudah ketika waktunya tiba bagi anak-anak untuk meneruskan pendidikan mereka.

 

3. Selalu Perbaharui Rencana Masa Depan

 

Sekarang khususnya setelah menjadi seorang orang tua, sebuah keharusan bagi orang tua untuk melindungi keluarga mereka. “Setelah memiliki anak, sangat penting untuk selalu memperbaharui rencana masa depan untuk segala hal jikalau ada yang terjadi pada kebutuhan keuangan keluarga di masa depan,” ungkap Amy. Walaupun taka da yang menginginkan sesuatu hal terjadi, namun lebih baik jika telah merencanakan kemungkinan-kemungkinan lain sebelumnya.

 

4. Review Rencana Keuangan Secara Berkala

 

Mereview atau meninjau segala transaksi keuangan dan rencana keuangan akan memastikan bahwa dana yang telah disimpan sudah sesuai dengan kebutuhan dan tujuan di masa depan, menurut Amy. “Menjaga segala simpanan dan regulasi keuangan secara berkala akan memberkan ketenangan dalam hati dan pikiran yang membuat para orang tua baru dapat fokus pada hal-hal yang penting, seperti meluangkan waktu untuk family time bersama anak-anak,” kata Amy.

 

 

(Pictures source: Dokumentasi Internet)

 

 

 

 



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz