Tips Mudah Menabung untuk Anak-Anak

Tips Mudah Menabung untuk Anak-Anak
1 Juni 2021 10:25 WIB

 

Menabung menjadi salah satu kebiasaan yang bisa diterapkan sejak dini. Meskipun belum mengetahui secara jelas pengertian uang secara detil, namun menabung bisa menjadi soiusi agar anak belajar bertanggung jawab dan berhemat. Untuk memulai menabung, perlu ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan.

Pertama, anda bisa memberikan pengertian tentang apa itu uang dan manfaatnya. Cara ini akan lebih efektif anda jelaskan pada anak-anak di usia sekolah. Bisa juga anda jelaskan beberapa nilai mata uang yang biasanya mereka gunakan seperti pecahan dua ribu sampai dua puluh ribu. Usahakan untuk menjelaskan apa kegunaan uang sendiri, misalnya untuk melakukan transaksi jual beli dengan simulasi berbelanja ke pasar atau mini market.

Kedua, anda bisa melakukan cara menabung ini dengan dua cara baik melalui bank atau celengan. Untuk bank, saat ini sudah tersedia tabungan khusus anak-anak yang lebih praktis dan bisa mengajarkan anak untuk terbiasa menabung. Kalau anda lebih suka menabung di rumah, bisa menggunakan celengan dengan motif yang lucu dan menarik perhatian anak untuk menabung.

Cara selanjutnya bisa anda jelaskan pelan-pelan kepada anak mengenai keinginan dan kebutuhan. Dengan begitu, anak-anak lebih mengerti dan bertanggung jawab dengan penggunaan uang tersebut. Misalnya, kebutuhan bisa ia sisihkan untuk membeli buku bacaan, makanan atau bahkan peralatan sekolah.






Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz