Tips Mudah Jaga Kesehatan Tubuh Selama Bulan Puasa

Tips Mudah Jaga Kesehatan Tubuh Selama Bulan Puasa
25 April 2021 10:03 WIB

Kondisi tubuh menjadi cukup berubah selama berpuasa terutama untuk jadwal makan yang anda konsumsi. Untuk itu penting menjaga kesehatan tubuh apalagi di masa pandemi. Usahakan untuk memilih makanan yang sehat dan seimbang serta diimbangi air putih yang cukup. Berikut adalah beberapa tips mudah untuk jaga kesehatan tubuh selama bulan puasa.

Tips Mudah Jaga Kesehatan Tubuh Selama Bulan Puasa

Pertama, adalah pola makan. Karena berpuasa hampir 10 jam terkadang kita ingin melahap banyak makanan saat berbuka puasa. Kondisi perut yang kosong dan masih “kaget” akan menimbulkan rasa tidak nyaman setelah makan. Untuk itu, usahakan minum air putih hangat dan kurma sebagai pembuka. Pilih jenis makanan seimbang yang sudah mengandung karbohidrat dari nasi atau kentang, protein dari lauk dan mineral dari sayur. Boleh juga mengkonsumsi jus buah atau susu sebagai penambah tenaga.

Tips Mudah Jaga Kesehatan Tubuh Selama Bulan Puasa

Tips kedua adalah olahraga. Anda tidak perlu melakukan jenis olahraga berat yang membuat anda cepat lelah selama berpuasa. Cukup lakukan berjemur dan peregangan saat pagi hari. Sinar matahari pagi baik untuk menguatkan tulang sehingga anda bisa lebih fresh sebelum melakukan aktivitas lainnya.

Langkah lainnya adalah mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas per hari, utamanya setelah anda bangun tidur. Selama berpuasa, usahakan untuk banyak minum air putih saat berbuka ataupun sahur. Pastikan kebutuhan cairan dalam tubuh terjaga untuk mencegah dehidrasi dan kulit kering.






Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz