Tips Merapikan Koleksi Makeup A La Marie Kondo

15 Maret 2019 20:14 WIB

 

Ada serial baru di Netflix yang berkolaborasi dengan seorang yang suka sekali menata dan meroganizir sesuatu. Iya, Dia adalah Marie Kondo. Nama Penulis best seller dari buku berjudul The Life-Changing Magic of Tidying Up ini memang sudah tak asing lagi bagi masyarakat. Dengan memopulerkan metode konmari, nama Marie Kondo semakin meroket di mana banyak orang-orang mengikuti dan mempraktekkan saran-saran darinya untuk merapikan barang-barang dan perabotan rumah. Ternyata metode konmari tak terbatas hanya untuk merapikan barang namun juga dapat dijadikan tips untuk mengatur peralatan makeup Womanblitzer di rumah. Berikut 5 tips merapikan peralatan makeup a la Marie Kondo.

 

1. Gather All Your Makeup

 

(Instagram @mariekondo)

Terkadang kita memiliki banyak produk dan peralatan makeup yang sejenis. Baik itu yang ada di laci, meja rias, tas, pouch, dashboard mobil dan masih banyak tempat lain di mana kita biasa menaruh beragam peralatan makeup. Sebelum memulai untuk menata peralatan dan produk makeup yang dimiliki, metode konmari menyarankan agar keseluruhan makeup yang dimiliki dikumpulkan dan diletakkan di satu lokasi. Sehingga, pemilik dapat melihat dan mengetahui apa-apa saja dan seberapabanyak peralatan makeup yang dimiliki.

 

2. ‘Does It Spark Joy?’

 

(Netflix)

Salah satu filosofi dari Marie Kondo yang sangat terkenal adalah “Does it spark joy?” yang berarti “Apakah benda ini memberikan kebahagiaan?” Ini adalah salah satu cara untuk memisahkan peralatan makeup yang akan disimpan atau seharusnya dibuang. Ketika merapikan setiap makeup, tanyakan pada diri sendiri jika memegang makeup tersebut apa memberikan perasaan bahagia atau tidak. Jika iya maka simpanlah barang itu. Namun, jika jawabannya tidak lebih baik dipisahkan untuk dibuang atau didonasikan. Satu hal terpenting dalam memisahkan peralatan makeup adalah untuk mengecek tanggal kedaluwarsa.

 

3. Catagorize Your Makeup

 

(amazonaws.com)

Setelah selesai memilih peralatan makeup mana yang akan disimpan dan dibuang, langkah selanjutnya adalah menata makeup sesuai dengan jenis dan fungsinya. Womanblitzer dapat mengkategorikan produk-produk makeup yang ada dalam tiga kategori yaitu complexion seperti foundation, concealer dan contour; decorative seperti eyeshadow, blush on, highlighter; lipstik. Semua pemisahan produk makeup berdasarkan jenisnya ini bertujuan untuk mempermudah dalam menyimpannya.

 

4. Use a Storage System

 

(Pinterest)

Langkah selanjutnya setelah memisahkan peralatan sesuai jenis dan fungsinya adalah menyimpan barang-barang tersebut dalam wadah penyimpanan. Tujuannya agar saha untuk merapikan ini tak hanya bertahan selama beberapa minggu saja. Tempat penyimpanan atau kotak yang menjadi kesukaan Marie Kondo adalah kotak sepatu yang memiliki karton tebal dengan desain yang menarik. Marie percaya jika setiap produk memiliki ‘rumahnya’ masing-msing makan Womanblitzer akan terpacu untuk mengembalikan peralatan ke tempat asalnya sehingga mengurangi risiko berantakan.

 

5. Be a Wise Buyer

 

(Youtube)

Hal yang paling penting untuk dapat selalu menata produk dan peralatan makeup adalah dengan menjadi pembeli dan bijak. Setelah seluruh produk makeup dikumpulkan sesuai jenisnya, maka akan terlihat produk mana yang sudah dimiliki sehingga tidak perlu membeli misalnya produk foundation dengan shade sama namun berbeda merek. Tips ini juga mengusahakan agar Womanblitzer hanya memberi barang-barang yang diperlukan saja, bukan sekadar membeli karea suka kemasannya atau sedang ada promo semata.

 


(Cover source: Instagram @konmari.com)

 

 

 



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz