TIPS JAGA KESEHATAN GIGI DAN AREA MULUT SAAT PUASA (2)

6 Mei 2019 14:43 WIB

Menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah bagian penting dalam kegiatan sehari-hari, terlebih lagi saat menjalankan ibadah puasa. Seringkali tidak minum apapun disiang hari, dapat menyebabkan perkembang biakan bakteri yang menyebabkan bau mulut. Inilah yang diungkapkan oleh drg. Lilyana Gondowahyudi, Sp. Ort.

drg. Lilyana Gondowahyudi, Sp. Ort dari Shiny Smile Dental Clinic Surabaya

Lebih lanjut , drg. Lily menuturkan tentang perubahan yang terjadi di dalam mulut selama puasa. Akan terjadi dehidrasi pada saat berpuasa, yang akan berujung pada berbagai macam permasalah kesehatan mulut. “Terjadi peningkatan konsentrasi sulfur. Peningkatan ini menyebabkan bau mulut yang tajam. Selama penurunan jumlah produksi saliva selama berpuasa, plak dan karang gigi akan lebih mudah terbentuk, yang akan mengakibatkan penyakit gusi dan gigi berlubang”, Ungkapnya.

Setelah mengetahui cara merawat gigi dan area mulut saat berpuasa, lalu adakah Makanan atau minuman yang harus dihindari atau dikonsumsi selama bulan puasa?

Anda bisa mengurangi konsumsi kafein (kopi, teh, dll) karena minuman tersebut dapat menyebabkan dehidrasi dan stain. Ada baiknya pula menghindari makanan pedas atau yang lengket-lengket karena dapat masuk diantara sela-sela gigi. Kurangi konsumsi gula atau karbohidrat untuk meminimalkan produksi asam di dalam mulut.

Bagaimana dengan asupan yang dianjurkan selama berpuasa?

Ya, anda bisa mengkonsumsi banyak buah dan sayuran, saat sahur maupun berbuka. Kandungannya yang kaya serat, akan membantu meremineralisasi gigi anda. drg. Lily juga menyarankan agar meminum banyak air putih, karena air putih dapat merangsang produksi air liur yang dapat mengurangi bau mulut.



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz