4 Tips Hidup Minimalis Ala Travel Blogger Marischka Prue

7 Agustus 2019 05:43 WIB

 

Nama Marischka Prudence atau Marischka Prue identik dengan feed Instagram yang penuh warna serta deretan foto menawah ketika travelling. Memulai karirsnya sebagai jurnalis berita, Marschka sudah menekuni bidangtravel blogger kurang lebih selama 10 tahun. Tak hanya menyajikan foto-foto liburan menawah, Marischka juga sering menyuarakan isu tentang lingkungan kepada pengikutnya di sosial media. Salah satu yang menjadi perhatian Marischka adalah meminimalisir sampah. Berikut tips hidup minimalis untuk mengurangi sampah ala Marischka Prue.

1. Bawa Botol Minum Sendiri

 

Sebagai seorang yang peduli isu lingkungan, Marischa berusaha untuk selalu membawa botol air minum untuk mengurangi sampah cup sekali pakai. "Kalau lagi event atau datang ke acara-acara bazaar makanan, seringnya ya dapat minum dalam cup sekali buang. Makanya, aku coba untuk mengurangi penggunaan kemasan single use tersebut dengan membawa botol minum sendiri," ujar Marischka. Selain mengurangi sampah, membawa air minum sendiri juga dapat membantu anda berhemat.

2. Kurangi Order Makanan

 

Menurut Marischka, dari pada saat dirinya sedang travelling, ia lebih banyak menggunakan sampah ketika berada di Jakarta. Kebiasaan order makanan dengan cara online yang kera menggunakan kemasan single use membuat dirinya banyak nyampah. Untuk itu, Marischka mencoba untuk membatasi dirinya dalam melakukan pesan makanan online.

"Kalau pesan online, terkadang kita sudah menulis nggak usah pakai sendok, masih saja dikasih, sedangkan kalau masak kita bisa mengurangi hal itu. Ya, paling sampahnya kemasan sayur saja," jelas Marischka. "Sekarang aku bisa bilang 90% selama di Jakarta itu sudah nggak pernah pakai kemasan single use untuk makanan," tambahnya senang.

3. Pakai Skin Care Sampai Habis

 

Marischka juga berusaha untuk mengguakan skin care miliknya sampai habis jadi tidak meinggalkan sampah ketika tahu-tahu ternyata skin care sudah kadaluwarsa. "Kalau skin care, kita kan inginnya beli, beli, beli terus. Tahu-tahu sudah pada kedaluwarsa karena tak terpakai. Nah, sekarang aku tuh lagi coba untuk pakai skin care sampai habis. Jadi benar-benar dikeruk isinya. Kalau memang nggak kepakai di muka ya dipakai untuk badan, jadi pasti terpakai," tutur Marischka.

4. Memakai Baju Bekas

 

Selain memperhatikan penggunaan sampah makanan. Marischka ternyata juga memikirkan tentang sampai pakaian. Marischka tidak malu untuk bilang jika dirinya menggunakan baju bekas atau secondhand. "Aku bisa bilang dengan PD kalau atasan dan bawahan yang aku pakai saat ini itu secondhand semua," ungkap Marischka. Ketika travelling, Maricshka sering berkunjung ke thrift store atau took pakaian bekas. Jika dulunya thrift store kurang digemari, sekarang took-toko jenis ini sudah semakin populer.

Meski berubah untuk memiliki hidup minimalis tidaklah mudah apalagi merubah kebiasaan, namun Marischka mengaku jika dirinya saat ini merasa lebih santai dan damai. Salah satu contohnya adalah marischka sudah tidak terpengaruh arus saat ada barang baru  atau yang sedang tren.

"Hidup di dunia sosial kan selalu ada pressure, kayak 'lo harus achieve A, B, C, D. Lo harus punya A, B, C, D'. Dengan hidup minimalis aku merasa jadi lebih santai dan bisa bahagia tanpa attachment to things. Saat apa yang kita punya diambil, kita pun nggak akan merasa jati diri ikut hilang," jelas Marischka.

 

 

 

 

 

 

 



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz