Tips Gaya Hidup Lagom untuk tidur Lebih Nyenyak

Tips Gaya Hidup Lagom untuk tidur Lebih Nyenyak
12 Maret 2020 11:23 WIB

 

Beberapa tahun terakhir, tren gaya hidup lagom tengah banyak dilirik oleh banyak orang. Gaya hidup yang berasal dari negara Swedia itu berfokus pada kebahagiaan dan ketenangan pikiran. Kata seimbang yang menjadi fokus utama gaya hidup lagom ini bisa diterapkan pada berbagai aspek kehidupan seperti karier, hubungan, pola makan hingga aktivitas sehari-hari. Niki Brantmark, seorang penulis buku The Swedist Art of Living a Balanced, Happy Life, mengatakan gaya hidup lagom bisa membantu para Womanblitzer yang memiliki kesulitan dalam mendapatkan tidur yang berkualitas. Berikut diantaranya beberapa tips yang diajarkan oleh gaya hidup lagom untuk tidur lebih nyenyak.

Tidur Tanpa Pakaian

 

Dalam bukunya, Niki menuliskan jika salah satu rahasia masyarakat Swedia mendapatkan waktu tidur berkualitas adalah dari kebiasaan tidur tanpa mengenakan pakaian. Jika melihat dari sisi kesehatan bisa dilihat ada benarnya. Mengenakan pakaian yang berlapis akan membuat suhu tubuh cenderung meningkat. Jika tubuh panas, tubuh akan memproduksi kortisol yang tinggi sehingga mempengaruhi kecemasan yang membuat tidur kurang nyenyak. Jika suhu tubuh normal atau cenderung rendah, hal ini bisa memberi rasa kantuk yang lebih cepat.

Tanpa Penerangan

 

Tidur tanpa menggunakan lampu atau penerangan ternyata memberikan efek positif pada tubuh sekaligus meningkatkan kualitas tidur. Mengutip dari Health, Joyce Walsleben, PhD, professor di New York University menerangkan jika tidur dalam kondisi lampu menyala dapat menghambat sekresi melatonin. Tak hanya itu, cahaya yang dapat dideteksi oleh kelopak mata akan memberikan sinyal pada otak bahwa hari masih siang sampai memaksa otak untuk tetap bekerja.

Sedia Dua Selimut

 

Bagi masyrakat yang sudah berpasangan, umumnya mereka akan menyiapkan dua selimut di kamar tidur bukannya satu selimut yang berukuran bear. Hal ini dikarenakan masyarakat Swedia yakin jika selimut untuk masing-masing orang akan membuat tidur lebih nyaman karena tidak perlu saling tarik menarik saat  malam.

Kamar yang Selalu Bersih

 

Tak hanya fokus pada peralatan tidur dan penerangan, namun kebersihan kamar juga menjadi salah satu aspek tutama untuk mendapatkan tidur berkualitas. Hal ini juga dipercaya oleh masyarakat Swedia yang selalu mengutamakan kebersihan dan kerapian kamar tidur mereka. Tak hanya memberishkan debu dan kotoran yang ada di kamar, ungkapan ‘bersih’ bagi masyarakat Swedia juga termasuk dalam hal mendekorasi ruangan yang nyaman untuk tidur.

 


Search



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz