tips badan stabil meskipun makan banyak?

25 Juni 2019 22:10 WIB

 

Siapan disini yang punya teman meskipun sehari makan 7 kali tapi badan segitu-gitu aja? Pasti kesel banget kan. Sedangkan kita yang hanya minum air saja berat badan sudah naik, hiks.

Banyak yang berpandapat bahwa ini sudah bawaan dari hormone atau gennya, padahal ada triknya loh bagaimana agar makan banyak tapi badan tetap stabil.

Ada beberapa tips yang bisa anda terapkan supaya memiliki berat badan ideal meski sering makan. Simak ya!

1. Kunyah makananmu sampai benar-benar halus

Idealnya kita harus mengunyah makanan sebanyak 32 kali. Tapi, sebagian besar dari kita jarang mempraktikannya, sehingga sistem pencernaan bekerja lebih keras. Selain itu, makanan yang tak dikunyah sempurna bisa menyebabkan berat badan cepat naik.

Kalori dari makanan yang tak dikunyah dengan baik tidak bisa diserap tubuh, sehingga menumpuk jadi lemak. Kalau anda makan perlahan, otak akan menerima informasi bahwa perut sudah kenyang.

2. Minum dua gelas air sebelum makan

Sejumlah penelitian menyatakan minum dua gelas air mineral sebelum makan bisa melarutkan lemak dalam tubuh. Rasa kenyang setelah minum membuat porsi makan kita jadi terbatas. Selain itu, kita juga wajib minum delapan gelar air mineral dalam sehari untuk keseimbangan metabolisme tubuh.

3. Berjalan kaki lebih sering

Tak perlu olahraga terlalu berat di tempat gym yang mahal. Anda hanya perlu jalan kaki dengan rutin untuk mendapatkan berat badan ideal.

Berdasarkan beberapa penelitian, jalan kaki santai dalam sehari mampu membakar 75 kalori. Semakin panjang durasi dan jaraknya, kalori yang terbakar juga semakin banyak. Makanya sering-sering jalan kaki, yuk!

4. Makan dalam porsi kecil, meskipun sering

Mengurangi porsi makan saat diet bukan hal yang salah. Yang salah adalah ketika anda mengurangi porsi, di waktu makan berikutnya seolah merasa harus "balas dendam", atau kalau tidak, kita jadi sering ngemil.

Lebih baik anda tetap sering makan, tapi dalam porsi mini. Makan lebih sering bakal membantu tubuh menyerap karbohidrat secara sempurna, menjaga kadar gula darah, dan menjaga berat badan tetap ideal.

5. Mengonsumsi teh hijau secara rutin

Teh hijau memang dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan jika dikonsumsi secara rutin. Kandungan epilgallocatechin gallate (ECGC) dalam teh membantu pembakaran lemak dalam tubuh.

Tapi, anda harus mengonsumsinya tanpa tambahan gula, ya! Minumlah saat pagi hari, gak cuma berat badan saja yang terjaga, tapi juga mood anda.

6. Jangan abaikan sarapan

Banyak orang meninggalkan sarapan karena beberapa alasan. Salah satunya karena tak punya banyak waktu dan malas. Ketika tidak sarapan, badan akan menginginkan lebih banyak asupan ketika siang harinya.

Nah, sekarang sudah tahu, kan rahasia tetap kurus meskipun banyak makan? Anda sudah melakukan yang mana nih?

 



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz