Tiga Cara Mudah Olah Brokoli Dengan Nikmat

Tiga Cara Mudah Olah Brokoli Dengan Nikmat
1 Maret 2021 13:30 WIB

Brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang digemari dan kadang menjadi “musuh” bagi beberapa pihak. Padahal, sayur dengan bentuk unik dan rasanya yang khas ini bermanfaat untuk kesehatan kulit, Womanblitzer. Bermanfaat juga untuk kesehatan jantung dan pencernaan. Tertarik untuk menikmati sayuran satu ini bersama keluarga? Anda bisa mengolahnya seperti berikut ini. 

  1. Tumis Ayam BrokoliTiga Cara Mudah Olah Brokoli Dengan Nikmat

Kombinasi kedua bahan makanan ini cocok dinikmati oleh anak-anak di rumah karena kandungan gizi yang seimbang. Anda perlu menyiapkan beberapa bahan dimulai dari 150gr brokoli, dada ayam 450 gram yang dipotong dadu, 1 sdt garam, 1 sdt lada,  paprika secukupnya. Untuk sausnya, anda bisa membuatnya sendiri dengan campuran ½ cup soy sauce, ¼ cup madu, 2 siung bawang putih, 1 sdt jahe dan minyak wijen sebanyak satu sendok makan.

Untuk membuat saus, campurkan semua bahan dan letakkan di wadah kecil dan sisihkan. Panaskan wajan anti lengket dan beri minyak di atasnya. Anda bisa menggunakan minyak wijen untuk pilihan yang lebih sehat. Setelah wajan cukup panas, masukkan daging ayam dan saus lalu aduk hingga mengental. Tambahkan bahan-bahan lain seperti brokoli dan aduk merata. Sajikan dengan nasi hangat dan siap untuk disantap.

2. Brokoli Kuah Jamur

Tiga Cara Mudah Olah Brokoli Dengan Nikmat

Pertama-tama, siapkan bahan-bahan yang diperlukan seperti 4 siung bawang putih yang dicincang kasar, 2 buah brokoli, 5 buah jamur yang diiris tipis, 1 buah cabe merah diiris tipis, garam, merica, chicken powder, saus tiram, tepung maizena yang dilarutkan, air dan minyak goreng secukupnya. 

Dimulai dengan menumis bawang putih dan cabai merah hingga harum. Masukkan brokoli dan jamur ke dalamnya. Tambahkan bumbu pelengkap seperti air, garam, merica, chicken powder dan saus tiram. Setelah matang, tambahkan larutan tepung maizena dan tambahkan penyedap lainnya jika rasa masakan dirasa kurang.

3. Brokoli Goreng Tepung

Tiga Cara Mudah Olah Brokoli Dengan Nikmat

Kudapan satu ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk snack sehat di rumah atau kantor. Bahan-bahan yang diperlukan adalah 2 buah brokoli ukuran sedang, adonan tepung basah dan kering. Untuk adonan tepung basah dimulai dengan 6 sdm tepung terigu, air dingin, garam dan lada secukupnya. Untuk adonan kering bisa dengan 8 sdm tepung terigu, kaldu jamur dan ¼ sdt bubuk pala. 

Siapkan brokoli dan potong-potong kecil sesuai selera. Cuci dan rendam brokoli di dalam air garam selama kurang lebih 15 menit. Lalu, bilas dengan air mengalir. Campur bahan-bahan untuk membuat adonan basah dan usahakan teksturnya agar cukup mengental dan dalam kondisi yang dingin. Tambahkan garam secukupnya. Masukkan brokoli ke dalam adonan tepung basah lalu guling-gulingkan ke dalam adonan kering. Cubit-cubit tepung agar sedikit menggumpal dan menjadi crispy saat digoreng. Goreng adonan brokoli ke dalam minyak panas dengan api sedang. Angkat bila sudah matang kecoklatan.






Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz