Thrifting sebagai Alternatif Penggunaan Fast Fashion

5 Februari 2020 12:09 WIB

Gaya berbusana pasti sudah menjadi bagian dari gaya hidup manusia sehari-hari. Bahkan setiap tahunnya pasti digelar acara semacam fashion week untuk menampilkan tren fashion yang sedang hits dari berbagai perspektif ahli maupun desainer. Banyaknya store fashion yang menyediakan berbagai macam pilihan berbusana ternyata memberikan efek yang kurang baik bagi lingkungan. Limbah tekstil, baik produk maupun kemasannya menjadi penyumbang terbesar yang mempegaruhi keselamatan lingkungan.

Adalah fast fashion, dimana banyak tren berbusana berupa baju-baju siap pakai dalam kuantitas yang cukup besar beredar di pasaran dan biasanya menggunakan bahan yang tidak ramah lingkungan seperti polyester dan nilon. Apalagi banyak store pakaian menjualnya dengan harga yang murah, model yang minimalis, ukuran yang beragam serta variasi warna yang memang digandrungi. 

Beberapa pemerhati lingkungan mulai mensosialisasikan penggunaan pakaian dengan sistem slow fashion berbahan katun organik. Dengan demikian, limbah tekstil akan lebih mudah terurai dan tidak memberikan dampak buruk bagi bumi. Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan selalin menggunakan katun organik adalah dengan berbelanja baju bekas atau thrifting. Kegiatan ini sudah banyak dilakukan baik secara offline dan online. Banyak produk bagus masih layak pakai yang dapat ditemukan dalam kegiatan ini. Apalagi untuk para penyuka gaya fashion ke arah vintage pasti dengan mudah menemukan produknya. 


Keberadaan store yang menjual barang-barang bekas pun mulai menjamur di kalangan muda. Banyak yang menjadikannya sebagai potensi usaha. Dalam segi packaging pun banyak store yang menggunakan label dari bahan organik. Di luar konsep thrift store pun, ada beberapa online store yang juga mulai menggunakan bahan baku yang mudah direcycle. Salah satunya adalah Sams The Label milik Stephanie Rose, beauty vlogger Indonesia. Kegiatan thrifting pun ternyata bisa menjadi alternatif ampuh untuk mengurangi kepenatan dan menambah keseruan saat memilih produk dengan harga yang terjangkau. Selamat mencoba! 




Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz