Serba-Serbi Cara Merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia

Serba-Serbi Cara Merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia
6 Agustus 2022 07:15 WIB

Bulan Agustus selalu identik dengan peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia yang bertepatan di tanggal 17 Agustus. Tahun ini Negara Indonesia telah berusia 72 tahun terhitung sejak 1945. Dalam memperingati hari bersejarah tersebut, tak ada salahnya jika mengisi dengan kegiatan positif diantaranya,

 

  1. Upacara Bendera 17 Agustus

Salah satu upaya untuk menghormati para pahlawan dan leluhur yang telah berjuang di masa lampau adalah dengan mengikuti upacara bendera. Mungkin bagi para pekerja di instansi tertentu maupun para pelajar masih sering mengikuti upacara di setiap hari Senin. Namun, bagi masyarakat lain yang sudah jarang mengikuti upacara, maka tak ada salahnya untuk mengadakan upacara bendera sendiri di lingkungan sekitar rumah. Dengan begitu akan menciptakan rasa kebersamaan juga nasionalisme di lingkungan sekitar

  1. Mengikuti Lomba

Tak heran jika sampai sekarang, bulan Agustus sering diisi dengan kegiatan lomba yang menyenangkan. Dengan mengikuti berbagai lomba yang tersedia dapat memberikan sedikit rasa perjuangan dalam memenangkan sesuatu. Meski hadiah yang didapat tak seberapa, namun keseruan yang ditimbulkan dapat memberikan hawa segar dari rutinitas sehari-hari.Umumnya perlombaan yang banyak diadakan antara lain lomba makan kerupuk, balap karung, panjat pinang dan juga ada inovasi baru yaitu, lomba karet wajah, tebak kata , dll.

  1. Mengunjungi Tempat Bersejarah

Dikarenakan tanggal 17 Agustus merupakan hari libur nasional, maka tak menjadi alasan bagi anda untuk tak menghabiskan waktu diluar rumah. Anda dapat mengunjungi tempat bersejarah usai melangsungkan upacara bendera di pagi hari. Beberapa tempat yang patut dikunjungi khususnya di Kota Surabaya diantaranya, Museum Pendidikan, Monumen Tugu Pahlawan, Museum H.O.S Tjokroaminoto, Jalan Tunjungan, dll. Selama berkunjung, anda akan mendapatkan ilmu-ilmu bermanfaat terkait sejarah masa lampau yang dapat memperkaya pengetahuan.

  1. Menghias lingkungan sekitar rumah

Terakhir ada kegiatan menghias lingkungan sekitar rumah dengan dekorasi meriah. Tampilan lingkungan rumah akan terlihat semarak dalam menyambut Hari Kemerdekaan jika dihias semeriah mungkin. Tak perlu menggunakan biaya mahal, cukup dnegan memanfaatkan kreativitas dan barang bekas yang ada. Seperti dengan membuat lampion dari botol minum plastik, botol tersebut dapat di hias lagi dengan warna merah dan putih agar sesuai dengan tema. Lalu, membuat origami burung berwarna merah putih. Anda juga bisa memasang bendera merah putih kecil  yang digantung mengelilingi jalan perumahan.






Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz