Sepak Terjang Jacinda Ardern, Mantan Perdana Menteri Selandia Baru

Sepak Terjang Jacinda Ardern, Mantan Perdana Menteri Selandia Baru
25 Januari 2023 18:49 WIB

Nama Jacinda Ardern tengah viral berkat keputusannya untuk undur diri dari kursi Perdana Menteri Selandia Baru. Kabar ini terdengar publik usai press conference yang digelar di Napier, Selandia Bari pada Kamis (19/1) lalu.

“Politisi adalah manusia. Kami melakukan semua yang kami bisa selama kami bisa, dan inilah waktunya. Sudah waktunya,” tutur Jacinda Ardern saat press conference berlangsung, dilansir dari Bangor Daily News.

Selama lima tahun menjabat sebagai Perdana Menteri, ia berhasil membuat pencapaian yang signifikan. Sebut saja kerja cerdasnya saat mengatasi serangan teroris yang terjadi di Selandia Baru, letusan gunung berapi, hingga cara cermatnya dalam mengatasi pandemi Covid di awal tahun 2020 lalu. Setiap problematika yang dihadapi oleh Selandia Baru berhasil ia tangani dengan baik.

Sepak terjang Jacinda Arden dalam dunia politik sudah dimulai sejak ia berusia 18 tahun. Saat itu, ia bergabung menjadi anggota Partai Buruh Selandia Baru pada tahun 1999. Ketika ia berhasil meraih gelar sarjana, ia memutuskan untuk bekerja di pemerintahan dan bisnis.

Ia mulai menekuni karir di dunia politik sejak lulus dari Universitas Waikato dengan mengantongi gelar Sarjana Ilmu Komunikasi HI dan Komunikasi Profesi. Perjalanan karirnya mulai memuncak pada tahun 2008 tatkala bergabung menjadi anggota termuda di parlemen Selandia Baru.

Ia banyak memberikan terobosan baru di dunia politik dan sosoknya kian dikagumi berkat kegigihannya menyuarakan hak perempuan, hak advokasi anak, serta hak masyarakat secara keseluruhan.

Tepat pada tahun 2017 silam, perempuan kelahiran 1980 ini terpilih menjadi ketua Partai Buruh Selandia Baru sekaligus Perdana Menteri untuk pertama kalinya. Selang lima tahun menjabat, ia memutuskan untuk pamit dan ingin fokus menjadi sosok ibu bagi keluarganya.

 







Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz