Sederet Prestasi Parasite, Film Pencatat Sejarah di Penghargaan Oscar 2020

Sederet Prestasi Parasite, Film Pencatat Sejarah di Penghargaan Oscar 2020
11 Februari 2020 08:13 WIB

 

Penghargaan Academy Awards ke-92 atau Oscar 2020 tahun ini ada yang sedikit berbeda. Jika tahun-tahun sebelumnya, penghargaan kasta tertinggi perfilman dunia ini didominasi oleh film-film barat, tahun ini ada satu film asal Asia yang menjadi kuda hitam. Film asal Korea Selatan, Parasite menjadi salah satu film Asia pencatat sejarah di penghargaan Oscar 2020. Dalam acara penghargaan yang digelar di Dolby Theatre, Hollywood, California pada Minggu 9 Februari 2020 kemarin, Film Parasite berhasil memboyong empat piala Oscar 2020.

(Source: IMDb)

Parasite berhasil memperoleh kategori penghargaan paling bergengsi yakni Best Picture. Tak hanya itu, film Parasite juga memenangkan kategori lain seperti Best Director (sutradara terbaik) untuk Bong Joon Ho, Best  International Movie dan Best Original Screenplay (scenario asli terbaik).

(Sutradara film Parasite, Bong Joon Ho)

(Source: Rolling Stone)

Tak hanya di Penghargaan Oscar 2020, film Parasite telah banyak menorehkan prestasi di dunia perfilman internasional. Berikut adalah sederet prestasi film Parasite.

Festival Film Cannes 2019

 

Cannes Film Festival 2019 atau Festival Film Cannes menjadi langkah awal film Parasite mendapatkan pengakuan dari dunia internasional. Saat itu, untuk pertama kali film Parasite berhasil mendapatkan penghargaan Palme D’Or atau penghargaan film terbaik. Bong Joon Ho pun menjadi sutradara Korea Selatan pertama yang mendapatkan penghargaan tertinggi di Cannes.

Golden Globe Awards ke-77

 

Pada pagelaran Golden Globe Awards ke-77, film Parasite dinobatkan sebagai film berbahasa asing terbaik. Film Parasite menang mengalahkan film non-inggris lainnya seperti The Farewell (AS), Les Miserables (Prancis), Pain and Glory (Spanyol) dan Potrait of a Lady on Fire (Prancis).

SAG Awards 2020

 

Pada penghargaan SAG Awards 2020, film karya Bong Joon Ho ini juga membawa pulang penghargaan huntuk Outstanding Performance by a Cast in a Motion Picture. Penghargaan ini adalah yang tertinggi di Screen Actors Guild (SAG) Awards 2020. Pada acara penghargaan yang digelas di Los Angeles pada 19 Januari 2020 lalu, Parasite berhasl menyingkirkan film-film lain seperti The Irishman, Jojo Rabbit, Bombshell dan Once Upon a Time … in Hollywood. Hal ini menjadi sejarah pertama film berbahasa asing yang membawa pulang dalam penghargaan tersebut.

BAFTA 2020

 

Satu minggu sebelum Oscar 2020 digelar, film Parasite lagi-lagi menorehkan prestasi pada cara British Academy of Film and Television Arts (BAFTA) yang digelar di London. Dalam penghargaan BAFTA 2020, film karya Bong Joon Ho ini membawa dua penghargaan yakni Film Not In The English Language dan Best Original Screenplay.

 


Search



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz