Sabun dan Hand Sanitizer. Mana yang Lebih Efektif?

Sabun dan Hand Sanitizer. Mana yang Lebih Efektif?
25 Maret 2020 14:25 WIB
Wabah virus corona tak pelak menyebabkan kelangkaan kebutuhan pokok. Kepanikan masyarakat untuk berbelanja berlebihan, menimbulkan pasokan barang semakin minim terutama yang berhubungan dengan kesehatan seperti hand sanitizer, tisu basah, cairan antiseptik hingga masker pelindung.

Banyak yang beranggapan bahwa dengan menggunakan hand sanitizer, dapat membunuh virus penyebab corona. Namun, banyak pula pernyataan dari para ahli kesehatan mengenai pentingnya cuci tangan yang bersih ketimbang mengandalkan hand sanitizer.
infografik hand sanitizer vs sabun

Pernyataan di atas didukung oleh Direktur Medis Unit Patogen Khusus di Boston Medical, Dr. Nahid Bhadelia (dikutip dari The Post) yang menyatakan bahwa mencuci tangan dengan air jauh lebih baik. Penggunaan hand sanitizer diperlukan hanya untuk kebutuhan darurat, seperti terbatasnya fasilitas cuci tangan dan air bersih. Tambahan lain dari Centers for Disease Control menyatakan bahwa hanya hand sanitizer dengan kandungan alkohol lebih dari 60% saja yang bisa efektif membunuh virus penyebab Covid-19.

Search



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz