Rencana Pemberlakuan Penghapusan Tilang Oleh Petugas

Rencana Pemberlakuan Penghapusan Tilang Oleh Petugas
24 Januari 2021 17:58 WIB

Baru-baru ini terdapat kabar terbaru mengenai rencana penghapusan tilang secara langsung oleh petugas keamanan. Hal ini dicetuskan pertama kali oleh Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo yang mendapat dukungan penuh dari Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya. Seperti diketahui sebelumnya bahwa tilang saat ini dilakukan oleh petugas dan melalui kamera elektronik.

Sebagai gantinya, maka penggunaan kamera tilang elektronik (Electronic Traffic Law Enforcement / ETLE) akan ditingkatkan di berbagai penjuru daerah. Para petinggi keamanan berpendapat jika kebijakan ini akan meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dari anggota Polri dalam menjalankan tugasnya. Ini juga akan menghilangkan negosiasi antara petugas dengan pengendara yang melanggar khususnya saat pandemi sekarang ini.

Kebijakan ini akan dilakukan secara bertahap sembari menambahkan beberapa kamera elektronik yang tersebar. Sementara itu petugas keamanan akan tetap menjalankan tugas lainnya saat turun ke jalan namun tidak perlu melakukan tilang.






Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz