Puasa ternyata dapat atasi stress, benarkah?

9 Mei 2019 22:51 WIB

 

Sudah memasuki hari ke empat puasa, masih aman? Tentu masih dong! Lalu apa sih yang Anda rasakan selama berpuasa Womanblitzer?

Tentunya puasa tidak sekedar menahan lapar dan dahaga saja. Bagi Anda yang beraga muslim menahan hawa nafsu adalah tujuannya. Namun secara ilmiah ternyata menahan hawa nafsu tersebut dapat meredakan stress loh. Begini penjelasannya:

1. Menurunkan Tekanan Darah

Stress ternyata memicu munculnya respons bertarung atau berlari (fight or flight response), menstimuasi kelenjar adrenal dan meningkatkan tekanan darah. Sebaliknya, ketika Anda berpuasa kelenjar adrenal bisa lebih stabil dan membantu mengurangi kadar sodium yang kemudian dapat membantu menurunkan tekanan darah. Efeknya stress yang kita rasakan pun bisa perlahan reda.

2. Pikiran Lebih Tenang

Saat berpuasa tubuh akan merasa lemas, tapi tahukah Anda bahwa lemas saat berpuasa justru menjadi pertanda baik untuk tubuh. Dengan kondisi fisik yang lebih "kalem", pikiran pun bisa ikut lebih tenang. Hal-hal yang tadinya gampang membuat kita cemas, dengan sendirinya akan lebih berkurang.

3. Membantu Mencerahkan Perspektif

Hayoo, siapa disini yang kalau sedang kesal atau marah pelampiasannya adalah makanan? Dengan berpuasa pelampiasan itu tentu tidak akan terjadi. Akhirnya Anda dapat menemukan perspektif baru bahwa dengan meningkatkan sedikit upaya menahan diri, akan muncul pencerahan bahwa ada hal-hal yang ada dalam kendali dan ada yang memang di luar kendali kita. Kemampuan mengontrol diri dan hawa nafsu bisa lebih terasah menjadi lebih baik lagi. Dengan kata lain Anda belajar untuk menerima kondisi yang terkadang tidak sesuai dengan keinginan diri sendiri.

4. Kemampuan Otak Meningkat

Dikutip dari doktersehat.com, berpuasa bisa membuat kemampuan otak meningkat. Efeknya dapat menurunkan produksi hormon kortisol pada kelenjar adrenal yang membuat kita tak lagi mudah terkena stress. Berpuasa memang bisa memberi efek positif pada kesehatan mental kita.

Di bulan Ramadan ini yuk maksimalkan puasanya! Niatkan untuk ibadah dan dapatkan manfaat positifnya untuk kesehatan tubuh dan pikiran, agar kecantikan dari dalam diri Anda semakin terpancar.

 



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz