Perlukah Olahraga Lari Setiap Hari?

23 September 2019 08:38 WIB

 

Berlari menjadi salah satu jenis olahraga praktis dan semakin populer. Maraknya acara fun run seperti Marathon Run menjadi olahraga lari kini semakin diminati. Tak hanya itu, banyaknya fasilitas yang mendukung seperti sarana olahraga hingga acara Car Free Day di akhir pekan membuat semakin banyak pecinta olahraga lari.

Meski olahraga lari terlihat sebagai salah satu jenis olahraga yang praktis untuk dilakukan, nyatanya diperlukan latihan hingga kesungguhan untuk melakukannya. Tak hanya gerakan, namun juga intensitas lari yang diperlukan. Sebagai pemula, ternyata olahraga berlari tak perlu dilakukan setiap hari. Berikut alasannya.

1 Mengetahui Motivasi Saat Berlari

 

Mengetahui motivasi dalam berlari menjadi hal penting. Apakah Womanblitzer melakukan olahraga lari untuk menurunkan berat badan, membakar kalori, persiapan sebelum kompetisi atau hanya untuk kardio. Dengan mengetahui motivasi dalam berlari, Womanblitzer akan lebih mudah untuk merancang latihan lari yang diperlukan. Bagi pemula, berlari sebanyak dua hingga empat kali perminggu dengan durasi 20 hingga 30 menit per sesinya sudah cukup.

2. Mencegah Cedera Kaki

 

Menurut dokter spesialis di Northwestern Medicine, Dr. Sander S. Rubin, MD, kegiatan berlari sebaiknya tidak dilakukan setiap hari selama beberapa minggu pertama untuk mencegah terjadinya cedera. Terlebih bagi pemula, tubuh masih belum terbiasa untuk latihan lari secara rutin. Kegiatan berlari yang dilakukan secara terus menerus akan membebani tubuh.

3. Lakukan Secara Bertahap

 

Melakukan olahraga lari setiap hari juga tidak dianjurkan jika ingin meningkatkan ketahanan diri. Tom Holland, seorang ahli fisiologi dan pelari marathon menyarankan agar melakukan latihan lari rutin sebanyak tiga kali dalam seminggu untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Terlalu Diforsir Akan Membuat Lelah

 

Melakukan olahraga lari membutuhkan daya tahan tubuh dan stamina yang baik untuk mencapai target lari yang sempurna. Namun, Womanblitzer perlu ingat jika daya tahan tubuh dan stamina akan terus meningkat seiring berjalannya waktu. Untuk itu, pastikan untuk tidak terlalu memforsir diri saat melakukan latihan lari untuk menghindari cedera hingga kelelahan.

 

 

 

 



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz