Pentingkah Menyekolahkan Anak Sejak Dini? Yuk Tanya Ahlinya

10 September 2019 04:34 WIB

 

Mungkin kebanyakan dari Womanblitzer yang sudah berkeluarga apalagi telah memiliki anak pasti pernah merasakan kebimbangan akan sekolah anak. Salah satu hal yang paling sering menjadi pertanyaan adalah “Perlukah menyekolahkan anak sejak usia dini?” Jika ini menjadi salah satu pertanyaan Womanblitzer semuanya, jangan khawatir. Kali ini Womanblitz akan berbagi saran dari ahli mengenai pertimbangan menyekolahkan anak sejak usia dini.

Salah satu kegelisahan utama dari seorang ibu adalah masalah pendidikan anak. Apalagi bagi ibu yang memiliki anak di usia dua hingga lima tahun. Kebanyakan dari mereka mengkhawatirkan akan kesiapakn sang anak jika mulai bersekolah sejak usia dini. “Bisakah anak-anak kita lepas?” “Perlukah anak sekolah sejak usia dini?” “Cukupkah finansial keluarga untuk menyekolahkan anak?” dan masih banyak lagi kegelisahan para ibu mengenai sekolah anak.

Kegiatan usia dini diperlukan untuk menstimulasi perkembangan anak secara menyeluruh (fisik, kognitif, dan sosial afeksi/emosi yang saling berkesinambungan).  Sebenarnya pentingkah menyekolahkan anak sejak usia dini? Menurut psikolog Shinta Oktaviani, S. Psi, semuanya tergantung kepada orang tua. Jika sebagai orang tua bisa memfasilitasi anak-anak usia dua hingga lima tahun memberikan fasilitas di rumah itu tidak masalah. Asalkan kegiatan anak di rumah dapat menstimulasi perkembangan kognitif, fisik, emosi, afeksi hingga sosial anak. Yang menjadi pertanyaan besar adalah ‘apakah mungkin orang tua memberikan semua lingkungan tersebut ketika di rumah?’ tentu saja jawabannya tidak.

Ketika anak bersekolah, anak-anak akan belajar untuk bersosialisasi yang menjadi hal penting dalam perkembangan anak. tak hanya itu, di sekolah anak akan diajarkan berbagai hal mulai dari bermain, belajar mengenal benda yang bertujuan untuk mengasah sensor anak untuk perkembangan kognitif sang anak. Jika tidak menyekolahkan anak sejak dini, apakah orang tua bisa menjamin anak mendapatkan stimulasi terbaik untuk perkembangan anak di rumah? Untuk itu menurut psikolog Shinta Oktaviani, S. Psi menyekolahkan anak sejak usia dini saat ini menjadi salah satu hal penting untuk mendukung perkembangan anak.

Dalam acara bertajuk Parenting Talk tentang Pentingnya Pendidikan Usia Dini mengupas tentang apa yang sebenarnya di perlukan dalam perkembangan anak, Shinta Oktaviani, S. Psi berbagi informasi penting ini kepada orang tua balita yang tertarik pada pendidikan usia dini di The Localist Coffee and Bistro. Shinta Oktaviani, S. Psi sendiri adalah seorang psikolog dan Kepala Sekolah Kelompok Bermain Sanggar Kreativitas UBAYA. Acara ini disonsori oleh @thelocalist.sby dan @klinikmatadrsjamsu.

 

 

 

 

 



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz