Panduan Tepat Bagi Ibu Hamil Untuk Berkendara

Panduan Tepat Bagi Ibu Hamil Untuk Berkendara
15 Agustus 2020 13:04 WIB

Hamil menjadi momen yang membahagiakan dan penuh perhatian ekstra bagi calon ibu. Ada kalanya dalam keadaan mendesak, ibu diharuskan berkendara sendirian. Lalu, apa saja yang perlu diperhatikan dan tips berkendara yang tepat?

Pertama adalah usia kehamilan. Jika ibu sudah memasuki trimester ketiga kehamilan disarankan untuk tidak berkendara sendiri. Apalagi risikonya akan lebih besar mengingat janin yang dikandung juga semakin berkembang. Kedua, penggunaan sabuk pengaman. Sabuk pengaman memang agak kurang nyaman digunakan apalagi jika perut makin membesar. Namun, demi keselamatan bersama ibu bisa menggunakan sabuk pengaman bagian atas melewati tulang selangka, tengah dada dan samping perut. Untuk sabun pengaman bagian bawah letakkan pada bawah perut atau bagian atas. Hindari letak sabuk yang pas dengan perut. Ketiga, yakni posisi menyetir. Usahakan posisi ibu tidak terlalu maju atau dekat dengan kemudi. Pastikan posisi sandaran dan duduk tetap nyaman, dengan jarak antara tubuh dan setir mobil sekitar 25 cm. Pastikan juga agar posisi setir sejajar dengan dada dan menjauh dari perut. 

 

Dalam berkendara apalagi jika memakan waktu yang lama, ibu juga perlu melakukan peregangan di antara jarak perjalanan tiap 1-2 jam. Letakkan juga bantal pada punggung dan sandaran kaki, serta lakukanlah peregangan ringan saat berhenti sejenak. Jangan lupa siapkan minum dan makanan kecil yang baik untuk pencernaan. 



Search



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz