5 Negara dengan Perayaan Tahun Baru Imlek Paling Unik di Dunia

24 Januari 2020 08:21 WIB

 

Tahun Baru Imlek menjadi salahs atu momen tahunan yang paling ditunggu-tunggu masyarakat keturunan Tionghoa. Perayaan Imlek tentu saja akan ada tradisi turun temurun yang akan selalu dilakukan tiap tahunnya. Masyarakat Tionghoa sendiri kini sudah tersebar di seluruh dunia. Di setiap negara pun juga memiliki tradisi yang berbeda-beda dalam memeriahkan Tahun Baru Imlek. Tak hanya di Indonesia, masyarakat Tionghoa di negara-negara lain juga merayakan Imlek dengan unik dan meriah. Berikut Womanblitz berikan ulasannya.

1. San Fransisco – Amerika Serikat

 

Perayaan Tahun Baru Imlek di San Fransisco Amerika Serikat ditandai dengan parade. Parade Tahun Baru Imlek San Fransisco menjadi acara yang paling-paling ditunggu oleh warga sekitar area yang dikenal dengan nama Chinatown Amerika itu. Parade Imlek ini akan menampilan beragam atraksi khas China seperti Liong, Barongsai raksasa, kostum khas Tiongkok, parade band, acrobat hingga persta kembang api. Tak hanya itu, setiap tahunnya juga digelar kontes kecantikan Miss Chinatown untuk memeriahkan acara.

2. Hong Kong

 

Hong Kong di mana mayoritas masyarakatnya adalah keturunan Tionghoa merayakan Tahun Baru Imlek dengan sangat meriah. Setidaknya Imlek dirayakan selama 4 hari di Hong Kong. Tepat apda 1 hari sebelum Imlek, masyarakat akan mendatangi flower market untuk membeli bunga. Tradisi membeli bunga ini dipercaya sebagai simbol keberuntungan. Ada beberapa jenis bunga yang membawa keberuntungan menurut kepercayaan masyarakat Tionghoa seperti Bambu Hoki, bunga anggrek, bunga lily dan jade.

3. Sydney – Australia

 

Kota Sydney di Australia juga menggelar perayaan meriah saat Tahun Baru Imlek. Pada saat Imlek, dua tempat ikonik di Sydney yakni Synedy Opera House dan Sydney Harbour Bridge akan dihiasi dengan lampu-lampu berwarna merah khas Imlek. Tak hanya itu, dekorasi seperti ornament lampion aan memenuhi jalanan di Sydney. Ada juga kompetisi perahu naga di Cockle Bay yang secara khusus digelar untuk memeriahkan perayaan Imlek.

4. Singapura

 

Di Singapura, Chinatown menjadi lokasi untuk menggelar perayaan Tahun Baru Imlek. Di sini pengunjung akan dimanjakan dengan beragam acara khas Imlek salah satunya Chinatown Street Light Up. Kawasan ini juga dihiasi dengan beragam lampu-lampu lampion indah di setiap sudut jalan. Beragam atraksi khas Tingkok seperti barongsai, tari-tarian hingga pesta kembang api pada saat perayaan Imlek di Singapura. Saat Imlek, di Singapura akan membuka festival kulinet seperti waxed duck, dendeng manis dan aneka kue yang menggugah selera.

5. London – Inggris

 

Di Inggris, kota London menjadi salah satu pusat untuk merayakan Tahun Baru Imlek. Di Londodn setiap tahunnya akan digelar festival Imlek di Trafalgar Square. Festival ini akan menampilkan beragam pertunjukan khas Imlek seperti tarian, acrobat, bela diri, musik hingga artis-artis yang langsung didatangkan dari China. Pada saat festival tersebut, juga ada sekitar 100 restoran di kota Londodn yang menyajikan makanan khas Tiongkok untuk menghormati penduduk yang merayakan Imlek.

 

 

 

 



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz