mudik anti-stress bersama si kecil meskipun dengan jalur darat

26 Mei 2019 06:37 WIB

 

Siapa dari anda yang sudah siap-siap untuk mudik? Bagi yang memiliki si kecil apalagi di usia batita, tentu membutuhkan persiapan ekstra untuk acara satu ini, apalagi jika anda memilih untuk mudik dengan jalur darat. Ya, membawa bayi saat mudik akan menjadi tantangan tersendiri bagi orangtua. Namun, hal tersebut bukan berarti semuanya akan terasa merepotkan. Yuk, simak tips persiapan mudik jalur darat dengan bayi agar perjalanan pulang kampung lebih santai!

1. Pilihan Kendaraan untuk Mudik Jalur Darat dengan Bayi

Ada banyak pilihan kendaraan yang bisa anda pilih untuk mudik menggunakan jalur darat. anda dapat menggunakan kendaraan pribadi, bus, ataupun kereta. Dari semua pilihan tersebut, anda akan lebih dianjurkan untuk membawa kendaraan pribadi saat membawa bayi. Pasalnya, kendaraan pribadi akan memberikan ruang yang lebih banyak untuk anda bergerak. Selain itu, kendaraan umum seperti bus dan kereta juga berpotensi membahayakan si kecil karena sirkulasi udara yang terbatas dan tentunya berbagi dengan banyak orang asing.

2. Siapkan Ruang yang Cukup Luas di Kursi Tengah

Meskipun bayi memiliki tubuh yang kecil, ruang yang sempit akan membuatnya merasa tidak nyaman. anda dianjurkan untuk duduk di kursi tengah agar guncangan kendaraan yang terasa tidak terlalu keras. Siapkan juga car seat untuk keamanan selama perjalanan. Penggunaan car seat juga bisa membantu Anda agar tidak selalu menggendongnya selama perjalanan.

3. Siapkan Tempat untuk Meletakkan Perlengkapan Bayi

Pastikan untuk menyiapkan ruangan dan tempat tersendiri untuk menyimpan segala perlengkapan bayi. Hal ini penting untuk memastikan Anda dapat menjangkau segala keperluan si kecil kapanpun ia membutuhkannya. Jangan lupa untuk membuat daftar isi perlengkapan bayi yang harus dibawa saat mudik agar tidak ada yang terlupa.

4. Siapkan Persediaan ASI Perah atau MPASI Siap Makan

Apabila si kecil masih mendapatkan ASI eksklusif, tidak ada salahnya untuk menyiapkan ASI perah yang disimpan dalam kotak pendingin. Selain itu sulitnya memberikan ASI di perjalanan dapat dibantu dengan pemberian ASI perah. Ingat, anda juga perlu istirahat sepanjang perjalanan agar tidak kelelahan saat sampai di kampung halaman nanti.

Di sisi lain, jika si kecil sudah mulai MPASI, pastikan juga agar mempersiapkan pasokan MPASI sesuai dengan kebutuhannya. Anda juga dapat menyimpannya dalam kotak pendingin untuk memastikan MPASI si kecil tetap fresh.

5. Selalu Bawa Mainan Bayi

Terakhir, jangan pernah melupakan senjata andalan untuk mengatasi kerewelan si kecil. Mainan kesayangannya juga harus ikut serta dalam perjalanan. Dengan begitu, si kecil akan tidak mudah bosan dan jenuh dalam perjalanan.

 



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz