Model Transgender Pertama Vogue Meninggal Dunia

Model Transgender Pertama Vogue Meninggal Dunia
5 Januari 2022 07:33 WIB

Aktivis transgender "perintis sejati" April Ashley, meninggal pada usia 86 tahun. Ashley merupakan salah satu warga Inggris yang pertama kali menjalani operasi pergantian kelamin. Model dan aktor ini diangkat menjadi MBE pada tahun 2012 untuk pekerjaan kampanyenya untuk komunitas transgender.

Lahir dari keluarga kelas pekerja di Liverpool pada tahun 1935, Ashley bergabung dengan angkatan laut pedagang saat remaja. Setelah bertugas di unit psikiatri, dia pindah ke London pada tahun 1955 dan kemudian ke Paris. Di Paris, dia tampil di klub malam Le Carrousel, yang terkenal dengan aksi tariknya, di mana dia bisa menghemat uang untuk prosedur penetapan gendernya.

Ashley menjadi model di majalah Vogue pada tahun 1960. Pada saat pertama kali masuk ke Vogue, identitasnya sebagai seorang transgender belum diketahui oleh publik. Namun April Ashley mengatakan orang-orang yang bekerja dengannya tahu tentang itu dalam salah satu film dokumenter yang tidak dipublikasikan.

Menurut New York Post, Ashley merupakan orang ke dua di Inggris yang menjalani operasi transgender dari laki-laki ke perempuan. Ashley terlahir dengan nama asli George Jameison. Pada tahun 1960, sebelum tampil di Vogue, ia menjalani operasi reassignment.

Meskipun dilirik oleh selebriti papan atas, kisah percintaan April Ashley tak berjalan mulus. Pada tahun 1962 dia menikah dengan Arthur Corbett seorang pria yang tajir melintir. Namun suaminya menceraikan dia pada 1969 karena masalah gender. Pernikahannya pun dianggap tidak sah hingga dibatalkan secara hukum.

Hingga pada tahun 2004 setelah Undang-Undang pengakuan gender diberlakukan dan April Ashley disahkan sebagai perempuan serta mendapatkan akte kelahiran baru.

Berita kemaatiannya pertama kali diungkapkan oleh Liverpool Echo. Pada tanggal 27 Desember 2021. April Ashley meninggal di rumahnya di London dan penyebab kematiannya masih belum diungkapkan.

Sumber foto : Liverpool Echo






Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz