Meriahkan Tahun Baru Imlek dengan Sajian Mie Panjang Umur

Meriahkan Tahun Baru Imlek dengan Sajian Mie Panjang Umur
13 Januari 2023 17:09 WIB

Dalam budaya Tionghoa, kebiasaan makan mie panjang umur selama Tahun Baru Imlek dan perayaan seperti ulang tahun dan hari peringatan sudah ada sejak zaman Dinasti Han. Mie ini dianggap membawa keberuntungan, kemakmuran, dan, seperti namanya, umur panjang. Berikut adalah resep long life noodles atau mie panjang umur yang mudah untuk di coba saat Tahun Baru Imlek nanti!

Bahan-bahan

2 liter air

2 cup kecambah

1 1/2 sdt garam

8 ons mie telur Cina

1/4 cup kaldu ayam atau kaldu sayuran

1 sdm kecap asin

1/2 sdt minyak wijen

1 sdm minyak kacang

1 (1/4-inci-tebal) irisan jahe

4 ons kacang polong

1 ons kacang kastanye

Langkah-langkah:

  1. Didihkan 2 liter air dalam panci besar di atas api besar, rebus tauge sampai empuk, sekitar 10 detik, dan bilas tauge dengan air dingin sekitar 30 detik untuk menghentikan proses memasak. Tiriskan dan sisihkan.
  2. Tambahkan garam ke air dalam panci, dan didihkan kembali dengan api besar. Tambahkan mie, dan didihkan kembali. Rebus sambil diaduk  sekitar 1 menit. Tiriskan mie dan bilas dengan air dingin sekitar 1 menit untuk menghentikan proses memasak.
  3. Aduk mie bersama kaldu, kecap, dan minyak wijen dalam mangkuk kecil.
  4. Panaskan minyak kacang dalam wajan di atas api besar. Tambahkan jahe sampai mulai kecokelatan di sekitar tepinya, sekitar 10 detik. Tambahkan kacang polong sekitar 1 menit. Tambahkan kastanye dan aduk terus selama 30 detik. Tambahkan tauge aduk sekitar 1 menit.
  5. Aduk saus, dan tambahkan ke campuran dalam wajan; didihkan. Tambahkan mie ke wajansampai mie menyerap saus, sekitar 2 menit. Angkat dan buang jahe. Bumbui dengan tambahan kecap sesuai selera. Pindahkan mie ke piring, dan sajikan.






Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz