Mengenal Tanaman Obat Lokal dan Manfaatnya

Mengenal Tanaman Obat Lokal dan Manfaatnya
5 Juli 2020 10:33 WIB

Indonesia dikenal dengan keberagaman tanaman yang berkhasiat bagi tubuh. Bahkan, tanaman tersebut bisa diolah menjadi obat, jamu bahkan bahan dasar teh seperti jenis tanaman-tanamn di bawah ini dengan segudang manfaat yang dimiliki.

  1. Jintan Hitam

(foto : cnnindonesia.com)

Tanaman ini dikenal juga dengan sebutan Habbatussauda yang belakangan ini menjadi tren sebagai bahan baku obat dan skincare. Jintan hitam dapat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memiliki sifat anti bakteri, anti inflamasi, anti jamur dan parasit. Saat ini jintan hitam sudah tersedia dalam bentuk tablet atau butiran yang bisa dikonsumsi sesuai kebutuhan.

  1. Daun Meniran

(foto : deltomed.id)

Bentuknya memang kecil dan tampak seperti tanaman putri malu, namun manfaat dari tanaman bernama latin Phyllanthus urinaria ini cukup besar. Tanaman ini memiliki kandungan polifenol yang baik untuk mencegah kerusakan hati, namun perlu berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu untuk cara penggunaannya. Daun meniran juga bisa direbus untuk mengobati diare atau sebagai suplemen. 

  1. Bunga Rosella

(foto : mediatani.co)

 

Anda pasti sudah sering mendengar jenis tanaman ini karena biasa diolah dalam bentuk teh. Untuk mengkonsumsinya, cukup seduh bunga rosella kering dengan air panas dan tambahkan madu sebagai pemanis alami. Tanaman ini memiliki kandungan antioksidan untuk mencegah radikal bebas, meningkatkan imunitas dan mencegah sel kanker. 


Foto ilustrasi utama: pixabay/ajale

Search



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz