Manfaat Serbuk Kayu Untuk Media Tanam

Manfaat Serbuk Kayu Untuk Media Tanam
11 Januari 2021 18:42 WIB

Bercocok tanam bisa menjadi aktivitas yang menenangkan sekaligus sarana untuk self healing. Namun, anda tidak perlu risau mengenai lahan untuk menanam atau media yang digunakan. Anda bisa memanfaatkan bahan sisa seperti serbuk kayu sebagai media hidup tanaman anda di rumah.

Serbuk kayu memang memiliki beberapa kegunaan. Mulai dari menjadi alas rumah hamster atau dipadatkan menjadi kreasi tertentu. Karena sifatnya yang organik dan mudah ditemukan di mana saja, maka serbuk inilah yang bisa digunakan untuk campuran tanah pupuk. Setelah tercampur rata, zat-zat di dalamnya akan terurai dan menimbulkan unsur hara yang baik untuk menyuburkan tanaman. 

Penggunaan serbuk kayu juga tidak akan membuat tekstur tanah menjadi keras sehingga akar di dalamnya bisa dengan bebas bergerak untuk menyerap air dan udara dalam proses pertumbuhan. Cara penggunaannya juga cukup mudah, hampir sama dengan membuat pupuk kompos. Dimulai dengan mencampurkan sampah organik dan serbuk kayu untuk selanjutnya didiamkan selama 40-50 hari sebelum siap digunakan. 






Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz