Makan Sebelum atau Sesudah Olahraga Mana yang Lebih Baik?

7 November 2019 09:03 WIB

 

Pernahkah Womanblitzer merasa galau ketika ingin makan sebelum memulai aktivitas olahraga? Tak jarang pertanyaan seperti, “Lebih baik mana makan sebelum atau sesudah olahraga?” datang dari benak Womanblizer semuanya. Sebenarnya jawabandari pertanyaan tersebut adalah keduanya. Womanblitzer boleh makan sebelum maupun sesudah berolahraga. Namun, ada beberapa aturan makan sebelum dan setelah berolahraga yang perlu Womanblitzer terapkan agar tidak menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan.

Aturan Makan Sebelum Olahraga

 

Mengkonsumsi asupan makanan oenting dilakukan sebelum melakukan olahraga apapun jenisnya. Hal ini bertujuan untuk menambah energi yang cukup bagi tubuh untuk berolahraga. Namun, pastikan Womanblitzer mengkonsumsi makanan yang tepat dalam jumlah dan waktu yang sesuai.

Waktu Makan Sebelum Berolahraga

Jika Womanblitzer berencana untuk berolahraga dengan durasi lebih dari 60 menit, sebaiknya mengkonsumsi makanan dengan porsi normal dua hingga empat jam sebelum berolahraga. Waktu ini sangat pas karena dapat menghilangkan rasa lapar, memberikan energi dan memberikan kesempatan pada tubuh untuk mencerna makanan. Womanblitzer dapat mengkonsumsi camilan kecil 30-60 menit sebelum berolahraga untuk memaksimalkan energi. Jangan lupa untuk minum air putih agar tubuh tetap terhidrasi.

Menu Makanan Sebelum Berolahraga

Ada tiga nutrisi yang wajib dikonsumsi sebelum olahraga yakni karbohidrat, protein dan lemak. Beberapa contoh menu makanan yang dapat menjadi pilihan untuk dikonsumsi sebelum berolahraga adalah oatmeal, susu, smoothie yogurt, buah segar dan roti lapis dengan isi daging dan keju.

Aturan Makan Setelah Olahraga

 

Setelah lelah berolahraga jangan sampai lupa untuk mengembalikan energi dan hidrasi pada tubuh. Sama seperti sebelum berolahraga, aturan makan setelah berolahraga juga harus tepat dan disesuaikan seperti jenis, waktu dan jumlah makanannya.

Waktu Makan Setelah Berolahraga

Hal pertama yang harus Womanblitzer lakukan setelah berolahraga adalah mengembalikan hidrasi tubuh dengan meminum air putih yang cukup. Selanjutnya, Womanblitzer dapat mengkonsumsi makanan ringan dengan jarak waktu 15-30 menit setelah berolahraga. Untuk makanan berat, disarankan untuk dikonsumsi setidaknya dua jam setelah berolahraga.

Menu Makanan Setelah Berolahraga

Menu makanan yang disarankan setelah berolahraga adalah yang mengandung banyak protein karena dapat membantu proses perbaikan jaringan otot. Womanblitzer juga dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat untuk mengembalikan dan menyeimbangkan kadar gula darah. Menu  makanan berat yang dapat dicoba seperti telur, roti lapis atau dada ayam yang dilengkapi dengan sayuran atau buah. Untuk makanan rigan, Womanblitzer dapat mencoba energi bar, biskuit atau smoothie yogurt.

 

 



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz