Khofifah Lepas 3 Ikan Paus yang Selamat

Khofifah Lepas 3 Ikan Paus yang Selamat
19 Februari 2021 11:53 WIB

Terdamparnya Ikan Paus tidak terjadi kali ini saja. Ternyata setiap tahun juga sering didapati 1-2 Ikan Paus yang terdampar di Perairan Pantai Desa Patereman, Kecamatan Modung, Kabupaten Bangkalan, dekat Pondok Pesantren Al-Anwar .

Namun kali ini berbeda. Menurut KH. Muchlis Muhsin, Pengasuh Pondok Pesantren Al-Anwar, awalnya penduduk sekitar curiga dengan air yang berwarna merah pekat. Ternyata setelah didekati ada banyak Ikan Paus terdampar yang ditemukan. “Kami langsung melaporkan hal itu kepada Bu Gubernur lewat rekaman video. Memang diperkirakan ada sekitar 45an lebih, karena paus-paus ini  terpisah berjauhan satu dengan yang lain, namun ada yang masih hidup sekitar tiga paus dan Bu Gubernur langsung ikut mengevakuasi melepaskan ikan yang hidup ke laut lepas,” jelasnya

Bersama dengan Bupati Bangkalan, Abd Latif Amin Imron, Khofifah langsung memantau proses evakuasi. Dari jumlah yang ditemukan, tiga diantaranya masih hidup dan langsung dilepas ke tengah laut.

Sementara itu , Ikan Paus yang mati selanjutnya akan diteliti oleh Tim Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Airlangga sebelum nantinya dikuburkan. 

Khofifah menambahkan, dirinya juga telah berkoordinasi dengan Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bangkalan, untuk menerjunkan alat berat berupa excavator untuk mempersiapkan penguburan paus yang mati. Proses penguburan telah dikoordinasikan dengan aparat setempat. Sedangkan lokasi penguburan sekitar pesisir pantai Selat Madura.

"Saya sedang minta dikirim excavator ke sini pastikan proses penguburannya juga harus menunggu air surut," jelas Khofifah. 






Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz