Kenali Jenis Jamur dan Manfaatnya pada Produk Skin Care

21 Februari 2019 13:34 WIB

 

Sekarang ini, teknologi dalam bidang kecantikan dan perawatan tubuh telah berkembang dengan peat. Semakin banyak formula-formula serta kandungan-kandungan baru yang dapat digunakan dalam produk skin care. Salah satunya adalah jamur. Jamur telah dikenal sejak dulu menjadi salah satu obat-obatan herbal karena kandungannya. Namun, Jamur masih kalah populer dengan beragam jenis bahan alami lain yang sering digunakan untuk produk kecantikan. Berikut Womanblitz rangkum jenis sekaligus manfaat jamur yang umum digunakan dalam produk skin care.

 

1. Jamur Chaga

 

Jamur Changa merupakan jenis jamur yang berwarna kehitaman.jamur ini biasanya dapat ditemukan pada pohon Birch. Jamur Changa kaya akan kandungan anti-oksidan, zinc dan melanin. Kandungan alami dari jamur ini sangat baik untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung dan radikal bebas. Tak hanya itu, jamur Changa juga memiliki kandungan beta-glutan yang dapat meningkatkan elastisitas pada kulit wajah.

 

2. Jamur Tremella

 

Jamur Tremella atau juga disebut dengan snow fungus dipercaya kaya akan kandungan protein, karbohidrat, serat serta 18 jenis asam amino. Kandungan vitamin D dalam jamur Tremella dipercaya dapat menyembuhkan jerawat. Jamur Tremella memiliki kemampuan untuk mengikat kandungan air pada kulit wajah sedikit lebih baik dari pada hyaluronic acid yang membuat kulit wajah tetap terhidrasi dan terasa lembap.

 

3. Jamur Shiitake

 

Kandungan pada jamur shiitake dipercaya dapat meringankan masalah hiperpigmentasi pada kulit akibat kehamilan atau bekas jerawat. Kandungan kojic acid pada kamur shiitake merupakan alternative bahan alami dari hydroquinone yang mampu menyamarkan noda gelap pada kulit wajah. Jamur Shiitake juga kaya akan kandungan vitamin D yang dapat mengatasi dan meringankan masalah inflamasi pada kulit wajah.

 

4. Jamur Tiram

 

Jamur Tiram mungkin menjadi salah satu jamur yang paling familiar karena telah sering menjadi bahan dalam berbagai olahan makanan. Kandungan ani-oksidan l-ergothionein dapat membantu untuk mencerahkan kulit serta menyamarkan pigmentas, meningkatkan kelembapan kulit serta kandungan anti-microbal. Jamur Tiram juga dipercaya akan kandungan ani-inflamasi yang dapat menangai dermatitis.

 

5. Jamur Reishi

 

Jamur Reishi memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat bagi kulit wajah diantaranya anti-oksidan, anti-tyrosinase (mencerahkan), anti-inflamasi dan anti-aging. Jamuryang memiliki arti ‘jamur  keabadian’ ini dipercaya memiliki kemampuan untuk meningkatkan system kekebalan tubuh dengan mengurangi kadar hormone kortisol dalam tubuh. Tak hanya itu, jamur Reishi dapat membantu mengurangi munculnya jerawat akibat stress serta berfungsi untuk memperbaiki sel kulit yang rusak akibat paparan sinar UV dan radikal bebas.

 

 

(Pictures source: Dokumentasi Internet)

 



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz