kembang kol, si putih kaya manfaat

24 Juni 2019 20:47 WIB

 

Kembang kol adalah sayuran yang diyakini berasal dari Asia kuno,namun sayuran ajaib ini sudah banyak dikembangkan di berbagai negara seperti China, Prancis, hingga Amerika. Biasanya, orang hanya memasak dan memakan "kepala" putih kembang kol, karena batang dan daun yang keras cenderung menyebabkan masalah pencernaan.

Meskipun mayoritas kembang kol yang kita lihat adalah varietas putih, jenis lain seperti varian kuning, ungu, dan hijau juga ada, dan dikatakan sama bergizinya. Seperti apa ya manfaat kesehatannya?

Mengurangi masalah jantung dan sistem peredaran darah

Kandungan Antioksidan yang tinggi pada kembang kol mampu mengurangi masalah peradangan. Tentu berkaitan dengan potensi penyakit jantung dan gangguan system peredaran darah. Belum lagi penyakit diabetes, stroke, gangguan neurodegeneratif seperti penyakit parkinson maupun alzheimer. Pasokan vitamin K, vitamin C, belum lagi asam lemak omega-3 bekerja sama untuk menjaga sistem peredaran darah. Ini menghasilkan penurunan hipertensi dan kadar kolesterol tinggi.

Mengurangi risiko kanker

Sayuran ini telah terbukti memiliki sifat kemo-preventif yang menggagalkan tahap awal pertumbuhan kanker dan membantu menghilangkan perkembangan tumor. Selain itu, kembang kol dikemas dengan glukosinolat, elemen yang mengandung belerang. Senyawa pelindung ini membantu mencegah pertumbuhan sel kanker. Glukosinolat digunakan untuk perbaikan DNA dan membantu mencegah penyakit dengan memperlambat mutasi sel kanker.

Mencegah osteoporosis

Kembang kol adalah sumber Vitamin K yang sangat baik, vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin K menjaga tulang tetap sehat dan juga mencegah hilangnya kepadatan mineral tulang yang dapat menyebabkan osteoporosis.

Meningkatkan kesehatan otak

Kembang kol adalah sayuran yang sangat baik untuk dimakan karena mengandung kolin, vitamin B yang penting bagi perkembangan otak. Kolin adalah nutrisi penting yang bila dikombinasikan dengan fosfor membantu memperbaiki membran sel. Dengan demikian dapat menghasilkan tidur yang lebih baik, kinerja kognitif, peningkatan koordinasi otot, dan memori yang lebih tajam.

Menjaga hormon tetap terkendali

Dari semua kandungan yang ada pada kembang kol, terbukti mampu menyeimbangkan hormone melalui penurunan kadar estrogen yang abnormal. Kelebihan estrogen dalam darah telah dihubungkan dengan masalah kesehatan seperti penyakit autoimun, kelelahan kronis, kanker ovarium dan hipotiroidisme.

Itulah kelima manfaat kembang kol yang selama ini kurang kita sadari. Terlepas dari warna atau varietas apa yang anda pilih, jadikanlah kembang kol sebagai variasi pilihan sayur harian anda ya.

 



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz