Jenis Pola Asuh yang Tepat Sesuai Karakter Anak

4 Februari 2020 18:52 WIB

Keluarga adalah tempat dimana seseorang pertama kalinya mendapatkan pendidikan, dari bagaimana seorang anak belajar, berjalan, berbicara yang benar dan banyak hal lagi yang dilakukan kerena fungsi keluarga merupakan tempat pertama anak mendapat pendidikan.  Dalam mengasuh anak, perlu menerapkan pola asuh yang sesuai, dengan begitu karakter anak dipercayai akan membawa anak menjadi seorang anak dengan karakter yang baik. Berikut Womanblitz.com telah merangkum beberapa cara pola asuh yang tepat sesuai karakter anak. 


  1. Pahami Karakter anak.

Setiap anak pasti memiliki karakter yang berbeda satu sama lain, karena itu pola asuh yang diterapkan juga haruslah berbeda, jika anak tidak suka memberontak maka orangtua disarankan untuk memberi nasihat dengan alasan agar anak mengerti apa maksud dari orang tua, jika orangtua telah memahami karakter anak akan lebih mudah untuk memberikan arahan atau nasihat pada anak. 

  1. Bersikaplah Otoritatif jika karakter sang anak cukup terkendali.

Pola asuh ini menuntut orang tua untuk bersikap mengawasi. Yakni dengan memberikan pengawasan terhadap tingkah laku si kecil, tetapi juga bersifat responsif dan terbuka, serta orangtua juga harus menerapkan untuk menghargai pemikiran, perasaan dan mengikutsertakan anak dalam mengambil suatu keputusan.


  1.  Bersikaplah lebih Permisif jika karakter anak suka dengan kebebasan 

Dalam pola asuh ini orangtua disarankan terlibat dalam kehidupan anak, namun masih menetapkan batas/kendali atas mereka. Positifnya dalam penerapan pola asuh ini yakni anak akan lebih memiliki rasa bertanggung jawab artinya akan menjadikan anak lebih mandiri, kreatif, memiliki inisiatifnya sendiri. Negatifnya, anak jadi kurang disiplin dan kurang dapat mengendalikan diri. 

 



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz