Inilah Cara Tepat Buang Masker Sekali Pakai

Inilah Cara Tepat Buang Masker Sekali Pakai
29 Agustus 2021 16:53 WIB

Masker yang sudah menjadi bagian kehidupan sehari-hari kini terdiri dari berbagai bahan dan lapisan. Kebanyakan jenis yang digunakan adalah masker sekali pakai karena tingkat filtrasi yang cukup tinggi dan praktis. Namun, sisi yang kurang baik terletak dari cara membuangnya. Pastikan  bahwa masker ini benar-benar dibuang dengan cara yang aman karena sudah dipakai dalam jangka waktu lama.

Masker yang dibuang dengan cara yang tepat juga mengurangi risiko dijual kembali oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab. Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah mengumpulkan masker bekas pakai dalam satu wadah khusus. Tambahkan cairan disinfektan baik menggunakan klorin atau pemutih, rendam dan diamkan selama 3-5 jam.

Setelah itu, anda bisa mengeringkan masker agar lebih mudah diproses ke tahap selanjutnya. Setelah kering, lakukan berbagai cara agar masker berbentuk tidak utuh. Bisa dengan memotong talinya, menggunting masker atau merobeknya. Tujuannya agar masker ini tidak digunakan kembali dan mencegahnya tersangkut di benda atau hewan lainnya.

 Inilah Cara Tepat Buang Masker Sekali Pakai

Kumpulkan dalam satu wadah plastik tertutup, pastikan tidak ada celah udara yang bisa masuk ke dalam. Anda bisa menambahkan label keterangan agar bungkusan ini tidak mudah dibuka dan lebih aman. Buang pada tempat sampah domestik. Setelah melakukan semua prosesnya, pastikan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Bisa juga menggunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 70%.






Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz