Harini Riana Luncurkan Kisah Si Kancil Versi Masa Kini

Harini Riana Luncurkan Kisah Si Kancil Versi Masa Kini
10 April 2021 01:34 WIB

Indonesia kembali memiliki penulis anak berbakat. Setelah dua kali meluncurkan buku secara independen, kali ini Harini Riana digandeng Clavis Indonesia, Publisher yang memiliki jejaring internasional untuk menelurkan bukunya yang ketiga. 

Buku yang diluncurkan kemarin (9/4) berjudul Kisah Marty, Si Kancil dengan Danielle Schothorst sebagai Ilustrator. Buku ini terinspirasi dari cerita Si Kancil , dongeng nusantara yang melegenda. Namun, penyajian nya dikemas sesuai dengan versi masa kini. 

Si Kancil hadir dalam sosok Marty, Kancil cerdik, pantang menyerah dalam mewujudkan keinginannya dan berani bertanggung Jawab atas yang dilakukannya. Menariknya lagi, tambahan illustrasi dalam buku ini dapat menggali daya imaginasi anak atau pembacanya.

 Harini Riana Luncurkan Kisah Si Kancil Versi Masa Kini, Dongeng Nusantara, Dongen Kancil

Foto : Buku "Kisah Marty, si Kancil" yang ilustratornya berasal dari Belanda

“Kisah Marty si Kancil kami persembahkan untuk mendukung pelestarian budaya Indonesia melalui buku cerita anak. Cerita Marty adalah adaptasi sebuah dongeng nusantara yang melekat dalam benak kita semua. Sebuah legenda yang mengajarkan tentang konsekuensi terhadap semua tindakan yang kita lakukan dan pentingnya rasa tanggung jawab. Tantangan masa kini adalah bagaimana menyampaikan cerita rakyat dan nilai-nilai penting ini dengan cara yang memikat sehingga sang anak tertarik untuk mengetahuinya”, Ungkap Ria, panggilan akrab Harini Riana.

Pemilihan kata-kata, alur cerita, dan ilustrasi pun dilakukan dengan cermat oleh penerbit, penulis, dan illustrator melalui revisi yang terus ada selama kurang lebih setahun belakang ini. “Tujuannya adalah kami ingin menggelitik rasa ingin tahu anak untuk bertanya. Hal ini tentu membuka ruang diskusi antara anak dan orang tua pada saat membaca dan mendongeng. Selain menciptakan waktu berkualitas antar anak dan orang tua, saat membaca buku juga menjadi saat belajar anak yang menyenangkan karena melalui cerita kita dapat menyerap informasi dengan lebih mudah”, lanjut Ria.

Peluncuran buku ini dihadiri oleh perempuan pecinta buku anak di Surabaya dengan terbatas dan protokol kesehatan. Acara peluncuran tersebut dikemas dengan bentuk Talkshow menarik yang mengupas proses pembuatan buku sampai kelanjutan pembuatan dongeng nusantara selanjutnya oleh Ria Bersama Clavis Indonesia serta rencana membawa buku ini ke kancah dunia.

Harini Riana Luncurkan Kisah Si Kancil Versi Masa Kini, Dongeng Nusantara, Dongen KancilFoto : Perempuan pecinta buku anak di Surabaya yang hadir dalam peluncuran Buku "Kisah Marty, Si Kancil" di Localist Cafe pada Jumat (9/4) lalu

“Saya sangat senang bisa hadir dalam acara ini. Saya sangat mendukung kiprah para penulisbuku anak dengan membaca dan mengisahkan bukuya kepada anak saya. Hadirnya buku ini ibarat oase di padang gurun, bisa memberikan alternatif tontonan anak ditengah serbuan gadget. Saya bangga Indonesia memiliki penulis berbakat seperti mba Ria”, Ungkap Manda, seorang ibu yang hadir dan juga berprofesi sebagai jurnalis ini.






Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz