Gebrakan Walikota Surabaya Tanggap Atasi Covid-19

Gebrakan Walikota Surabaya Tanggap Atasi Covid-19
25 Maret 2020 14:44 WIB

Menanggapi ganasnya dampak negatif dari corona, pemerintah pusat dan kota terus bertindak cepat dalam mengatasinya. Setelah menerapkan kebijakan Work from Home (WFH), Presiden Joko Widodo juga telah meresmikan Wisma Atlet sebagai RS darurat pada Senin, 23 Maret lalu. Namun, bukan hanya pemerintah pusat yang gerak cepat. Walikota Surabaya, Tri Rismaharini memiliki beberapa gebrakan baru dalam sebulan terakhir. 

1. Pemberian Masker secara Gratis

Kegiatan ini diawali ketika Bu Risma mendengar kabar dari BMKG bahwa akan ada gunung meletus. Ia langsung memerintahkan Dinas Kesehatan untuk menyimpan masker dan baju pelindung. Hingga akhirnya sejak Januari lalu, peralatan tersebut sudah disebarkan ke banyak Puskesmas dan diterima langsunh oleh masyarakat, bahkan yang tengah berada di terminal.

2. Bilik Disinfektan Trisakti

Bilik yang beberapa hari lalu telah melewati percobaan ini merupakan salah satu pengembangan dari penggunaan disinfektan. Jika sebelumnya, hanya hand sanitizer yang membunuh kuman di tangan, bilik ini dapat mensterilisasi kuman di seluruh tubuh. Inovasi yanh dilakukannya ini bekerjasama dengan Institut Teknologi (IT) Telkom Surabaya. Bahkan bentuknya pun bermacam-macam, mulai dari tenda hingga menyerupai tempat pencucian mobil. 

3. Drone Anti Virus

Setelah memenuhi kebutuhan cairan disinfektan untuk jalur darat seperti menyemprot jalan depan toko ataupun trotoar, penyebaran disinfektan sekarang juga melalui drone. Inovasi ini dilakukan oleh pemerintah kota bekerjasama dengan salah satu asosiasi drone di Surabaya.

 


Search



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz