Fakta Unik Sebelum Menggunakan Produk Dengan Kandungan Kolagen

Fakta Unik Sebelum Menggunakan Produk Dengan Kandungan Kolagen
25 Juli 2020 09:21 WIB

Kolagen adalah zat alami yang dihasilkan oleh tubuh kita yang saat ini banyak menjadi bahan dasar untuk produk kecantikan, bahkan minuman. Kolagen memiliki banyak fungsi untuk membantu memerangi kulit dari garis-garis atau keriput, mengembalikan fleksibilitas dan menghindari kulit dari penuaan dini, membantu melindungi kulit dari efek luka bakar serta membantu memudarkan bekas noda hitam jerawat. Jika Womanblitzer baru akan memulai menggunakan produk dengan kandungan collagen, berikut beberapa penjelasan yang perlu dipahami.

Kandungan kolagen saat ini banyak tersedia dalam berbagai produk, baik yang dioles ataupun minuman serbuk. Namun, pada kenyataannya kolagen tidak dapat dikonsumsi, dalam artian efek yang ditimbulkan tidak maksimal. Berikut adalah penejlasan mengenai kolagen dan fakta-fakta menarik yang disampaikan oleh dr. Imelda Audy Chandra M. Biomed (AAM).

  1. Kolagen Merupakan Serat

Kolagen adalah salah satu komponen serat yang dominan pada lapisan dermis kulit. Serat kolagen sendiri banyak berperan dalam kekenyalan dan kekompakkan atau kekencangan kulit. Dalam tubuh manusia, terdapat kurang lebih 12 jenis kolagen yang masing-masing berbeda pada berbagai organ tubuh. Ada kolagen tipe 1 yang biasanya ditemukan di tendon, tulang dan kulit. Biasanya, kolagen jenis ini akan menurun pada usia 35 tahun dan semakin menurun saat menginjak usia 60 tahun. 

  1. Pengaruh Hormon Dalam Pembantukan Kolagen

Hormon sendiri juga penting dalam proses produksi kolagen. Makanan dan minuman yang terasa berefek dikhawatirkan mengandung bahan-bahan hormon yang seharusnya dikonsumsi di bawah pengawasan dokter. 

  1. Efektivitas Minuman Peningkat Kolagen

Kolagen merupakan jenis serat, sehingga pasti tidak dapat diminum atau dimakan. Makanan atau minuman yang mengandung vitamin biasanya membantu mencegah radikal bebas kulit, bukan merangsang atau memperkuat kolagen. Kebanyakan minuman dengan kandungan kolagen hanyalah vitamin biasa yang membantu merangsang bukan merangsang langsung pembentukan kolagen. 

 

Photo Illustration by jcomp on freepik


Search



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz