Dukungan Positif Orang Tua Yang Dukung Perkembangan Soft Skill Anak

Dukungan Positif Orang Tua Yang Dukung Perkembangan Soft Skill Anak
14 Juli 2020 05:34 WIB

Anak-anak pasti gemar melakukan hobi atau hal apapun yang membuat mereka tertarik, salah satunya di luar bidang akademis. Selain membuat hidup lebih seimbang, soft skill juga bisa membantu anak lebih bersikap terbuka dan banyak bergaul. Berikut hal-hal yang bisa orang tua lakukan untuk membantu tingkatkan  soft skill anak.

Pertama, ketahui dulu makna soft skill yang sesungguhnya. Soft skill dapat diartikan sebagai karakter dan keterampilan dalam diri anak terkait hubungannya dengan orang lain yang dapat muncul melalui cara ia bersosialisasi, berkomunikasi, bernegosiasi dan bertingkah laku.

Kedua, pahami jika soft skill bisa berupa hal terdekat yang ada di sekitar anak. Seperti kemampuan bertingkah laku yang baik bisa dengan mengucapkan kata “tolong”, “maaf” dan “terima kasih”. Ada juga kemampuan mengendalikan diri agar anak belajar untuk tidak meluapkan emosi secara langsung di depan umum atau seenaknya memotong obrolan orang lain.

Ketiga, coba libatkan anak untuk ikut dalam berbagai kegiatan, misalnya perlombaan, mengikuti seminar ataupun kegiatan membantu masak dan menanam di rumah. Melalui kegiatan-kegiatan sederhana tersebut, anak akan lebih mudah mengembangkan ketertarikannya sekaligus belajar hal baru di luar dunia sekolah. 

Featured Image by Freepik


Search



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz