Deretan Kebiasaan yang Bisa Menurunkan Kesehatan Otak

2 Desember 2019 06:43 WIB

 

Otak menjadi salah satu bagian tubuh terpenting karena memiliki fungsi yang sangat kompleks. Organ yang berada di kepala Womanblitzer ini bekerja untuk mengatur segala fungsi dalam tubuh mulai dari denyut jantung, keseimbangan cairan, darah, hormon hingga suhu tubuh. Otak juga yang bertanggung jawab atas terjadinya gerakan tubuh, kemampuan belajar, mengingat, emosi sampai kesehatan tubuh. Karena otak merupakan organ yang vital, sudah seharusnya jika Womanblitzer menjaga kesehatan otak agar fungsinya terlalu terjaga. Hal ini dapat dilakukan dengan menghindari melakukan kebiasaan-kebiasaan yang bisa menurunkan kesehatan otak seperti yang telah tim Womanblitz rangkum berikut ini.

Terlalu Banyak Makanan Manis dan Berlemak

 

Mayoritas perempuan sangat menyuka makanan manis yang tinggi akan kandungan gula. Hal ini  masih normal jika asupan gula yang dkonsumsi tak lebih dari 4 sendok makan perharinya. Namun, jika mengkonsumsi makanan yang mengandung gula berlebih, hal ini akan menghambat proses penyerapan protein dan gizi pada tubuh. Hal ini dapat menyebabkan perkembangan otak berkurang dan juga membuat tubuh kekurangan gizii. Tak hanya makanan manis, seperti yang dikutip dari halaman Bustle, sering mengkonsumsi makanan berlemak berpotensi mengakibatkan hipertensi dan penyakit kardiovaskular yang berdampak pda kerusanaan otak.

Tidur dengan Kepala Tertutup

 

Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh AAP News, seorang yang tidur dengan kepala tertutup memiliki risiko mengalami kematian mendadak. Hal ini terjadi lantaran tidur dengan kepala tertutup akan membuat orang akan terus menerun menghirup karbondioksida yang dikeluarkan oleh sistem pernapasannya sendiri. Padahal otak sangat membutuhkan oksigen untuk dapat berfungsi dengan baik.

Terlalu Sering Menggunakan Headset

 

Mendengarkan musik menggunakan headset jika terlalu sering dapat berisiko menyebabkan berbagai masalah, seperti gangguan pendengaran hingga kerusakan telinga smapai bisa merusak fungsi otak. Dalam halaman Dokter Sehat, gelombang elektromagnetik yang dihasilkan headset atau earphone dapt menyebabkan bahaya serius bagi otak. Telinga bagian dalam berhubungan langsung dengan otak. Maka, tak jarang jika terjadi infeksi sedikit saja pada telinga bagian dalam dapat  secara langsung mempengaruhi otak dan mengakibatkan masalah kesehatan seius.

Sering Begadang

 

Waktu yang dibutuhkan oleh orang dewasa untuk tidur tiap harinya sekitar 6 sampai 8 jam. Jika durasi tidur kurang dari itu, hal ini dapat menyebabkan gangguan pada otak. Saat seseorang kekurangan tidur, hal ini dapat mengurangi kinerja neuron di otak. Hal ini juga yang sering menjadi alasan kenapa orang yang kurang tidur akan lebih sulit untuk fokus. Ketika tidur, tubuh akan beristirahat sekaligus membasmi racun dan zat berbahaya di dalam tubuh termasuk di otak. Jika ritme tidur berubah, otomatis otak tidak bisa membersihkan dirinya dari zat berbahaya. Jika zat itu menumpuk, maka otak pun bisa mengalami kerusakan.

 

 

 

 



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz