Daftar 7 Makanan Wajib Dikenalkan pada Anak Sebelum Usia 1 Tahun

24 Juli 2019 10:51 WIB

 

Penelitian menunjukkan jika anak terbiasa mengkonsumsi banyak mengkonsumsi buah dan sayuran sebelum usia 1 tahun ternyata dapat mengubah pola makan sang anak di masa depan. Tak hanya itu, kebiasaan makan makanan sehat pada anak sebelum usia 1 tahun menunjukkan kemungkinan sang anak tidak akan pilih-pilih dan susah makan hingga usia 6 tahun.

Tak hanya sayuran dan buah-buahan, ahli juga menganjurkan agar para orang tua mulai mengenalkan anak-anak mereka asupan seperti kacang-kacangan dan telur kepada anak sebelum usia 1 tahun. Berikut daftar 7 makanan wajib yang harus dikenalkan pada anak sebelum menginjak usia 1 tahun.

1. Salmon

Pada masa pertumbuhan otak bayi memerlukan DHA, asam lemak, omega 3 yang diperlukan untuk perkembangan kognitif bayi dan ikan salmon memiliki semua kandungan tersebut. Tak perlu untuk mengkonsumsi daging salmon setiap hari. Namun, seminggu sekali mengkonsumsi salmon sudah dapat melengkapi nutrisi yang dibutuhkan. Para orang tua dapat menyajikan daging salmon dengan dipanggang atau sesuai selera.

2. Sayuran Hijau

Seperti yang diketahui bahwa sayuran hijau merupakan makanan paling sehat yang bisa orang tua berikan kepada Si Kecil. Sayuran-sayuran seperti bayam, kangkung, kubis dan sayuran hijau lannya dapat menjadi pilihan. Orang tua dapat mengkreasikan sayuran hijau ini agar anak-anak pun lahap memakannya.

3. Daging

Daging merupakan makanan yang kaya akan protein dan zat besi. Jika orang tua ingin menyajikan untuk si kecil, dapat mencampurkan daging bersama kentang dan sayuran dengan cara ditumbuk.

4. Telur

Pada setiap telur mengandung enam gram protein yang bagus untuk bayi. Selain untuk perkembangan otak, telur juga bagus untuk kesehatan mata. Cara tepat yang bisa lakukan untuk menyajikan telur kepada anak yaitu dengan mendadarnya bersama sayuran lalu dipotong panjang.

5. Stroberi

Ternyata tidak hanya orang dewasa, bayi juga suka makanan yang terlihat indah secara visual. Dalam menyajikannya, orang tua hanya perlu menghancurkan stroberi lalu menjadikannya selain di atas roti sang anak.

6. Biji-bijian

Ternyata biji-bijian memiliki khasiat yang baik untuk tumbuh kembang anak. orang tua bisa mengenalkan bayi kepada makanan berbahan gandung, beras merah, dan quinoa .Biji-bijian mengandung banyak serat dan saat ini makanan berbahan dasar gandung mempunyai berbagai pilihan rasa yang lebih nikmat.

7. Labu

Mungkin jenis makanan yang satu ini jarang terpintas di pikiran untuk diperkenalkan kepada bayi. Labu mengandung vitamin A yang bagus untuk pertumbuhan mata. Orang tua bisa menyajikannya dengan cara dihaluskan sehingga mudah dikunyah bayi.

 

 

 



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz