Chloe Zhao : Sutradara Perempuan Asia Pertama Pemenang Oscar 2021

Chloe Zhao : Sutradara Perempuan Asia Pertama Pemenang Oscar 2021
28 April 2021 14:01 WIB

Ajang penghargaan Oscars 2021 menjadi bukti banyaknya insan berbakat dunia tak terkecuali dengan Chloe Zhao. Sutradara asal China yang tengah tinggal di Amerika Serikat ini berhasil menyabet penghargaan Piala Oscar 2021 sebagai sutradara terbaik. Ini sekaligus menjadikannya sebagai perempuan Asia pertama yang berhasil meraih penghargaan tersebut. Sebelumnya sudah ada Kathryn Bigelow yang juga mendapat penghargaan ini pada tahun 2008 lalu.

Nomadland, menjadi mahakarya Zhao yang berhasil membawanya meraih penghargaan. Film ini menceritakan perjalanan seorang perempuan paruh baya yang meninggalkan kampung halamannya untuk berkelana seorang diri setelah sang suami meninggal dunia. Ia pun sempat kehilangan pekerjaan akibat krisis finansial pada 2008. Berkat karya-karyanya, Zhao juga meraih penghargaan istimewa lainnya seperti Golden Globes dan Baftas.

Chloe Zhao : Sutradara Perempuan Asia Pertama Pemenang Oscar 2021Zhao merupakan perempuan cerdas dan berpendirian kuat. Ia meninggalkan negaranya sejak remaja untuk bersekolah di Inggris dan melanjutkan pendidikannya di Amerika Serikat, tepatnya Los Angeles. Film pertama Zhao berjudul “Songs My Brother Taught Me” yang mengisahkan seorang remaja yang bermimpi bisa meninggalkan tempat tinggalnya di Pine Ridge. Film ini berhasil mendapat sejumlah penghargaan festival film. Prestasi Zhao semakin meningkat ketika ia menjadi sutradara untuk “The Rider” dua tahun kemudian.

Masih banyak project yang akan dilakukan Zhao. Tahun ini ia akan menggarap film pahlawan super Amerika dari Marvel Comics yang dibintangi Angelina Jolie, Kumail Najiani dan Richard Madden. Satu kalimat yang cukup memotivasi ketika Zhao menerima penghargaan di Oscar 2021 adalah “Jadi ini untuk siapapun yang memiliki keyakinan dan keberanian untuk berpegang pada kebaikan dalam diri mereka sendiri dan untuk berpegang pada kebaikan satu sama lain, tidak peduli betapa pun sulitnya melakukan itu,”







Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz