4 Cara untuk Menjaga Kesehatan Kulit Sebelum dan Sesudah Berenang

25 Juli 2019 08:40 WIB

 

Kegiatan berenang selain bermanfaat untuk kesehatan juga dapat menjadi salah satu pelepas stres karena melakukan olahraga yang menyenangkan. Meskipun begitu, terkadang masalah kulit muncul setelah selesai melakukan kegiatan berenang. Seperti warna kulit yang menggelap sampai ruam kulit kemerahan. Untuk menjaga kesehatan kulit saat melakukan aktifitas berenang, ada baiknya untuk memperhatikan apa-apa saja yang harus dilakukan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan berenang.

Basahi Tubuh dengan Air Bersih Sebelum Berenang

 

Kolam renang yang memiliki kandungan klorin sering kali dapat menimbulkan masalah pada kulit seperti iritasi. Hal ini terjadi karena kulit manusia memiliki kemampuan untuk menyerap berbagai zat kimia dan salah satunya adalah klorin. Terpapar terllau lama dengan zat kimia dapat menyebabkan ruam kemerahan pada kulit. Berdasarkan pemberitaan standardmedia, membasahi tubuh menggunakan air bersih sebelum melakukan aktivitas berenang dapat membantu mengurang jumlah klori yang terserap pada kulit yang daoat menurunkan risiko iritasi.

Pakai Tabir Surya

 

Salah satu masalah yang sering terjadi setelah melakukan aktvitas berenang adalah kulit menjadi lebih gelap. Untuk menghindari kondisi ini, disarankan untuk menggunakan tabir surya sebelum masuk ke kolam renang. Setelah memakai produk tabir surya, jangan langsung masuk ke kolam renang. Tunggu selama 15 menit agar tabor surya meresap pada kulit dan dapat memaksimalkan funginya.

Langsung Mandi Setelah Berenang

 

Setelah selesai berenang jangan menunggu badan kering namun langsung bersihkan badan menggunakan air bersih. Kolam renang yang mengandung kaporit tidak baik untuk kulit apalagi jika dibrkan dalam waktu lama. Untuk itu segera mandi jika sudah selesai berenang. Gunakan air dingin dan sabun untuk membersihkan zat-zat kimia yang menempel di kulit.

Hidrasi Kulit Menggunakan Pelembab dan Konsumsi Air

 

Setelah membersihkan diri dengan air bersih dan sabun, jangan lupa untuk menggunakan pelembab pada kulit. Setelah berenang kulit jadi mudah kering hingga pecah-pecah. Untuk mengembalikan kelembapannya dapat menggunakan pelembab wajah. Menggunakan produk pelembab ketika kondisi kulit masih lembab dapat berfungsi untuk mengunci minyak alami kulit. Selain itu agar tubuh tidak kekurangan kandungan air jangan lupa untuk memperbanyak mengonsumsi air.

 

 

 

 

 



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz