Cara Unik Buat Olahan Simple dari Tuna Kaleng

Cara Unik Buat Olahan Simple dari Tuna Kaleng
28 Juni 2020 11:48 WIB

Tuna dikenal memiliki kandungan gizi yang baik karena mengandung protein, omega 3, vitamin A dan D. Apalagi saat ini tersedia tuna kalengan yang lebih praktis dimasak. Jika womanblitzer bosan dengan tumis tuna seperti biasanya, tuna kalengan bisa diolah menjadi menu-menu sehat berikut.

  1. Cah Jagung Tuna

(foto : eatthismuch.com)

Kombinasi sayur dan protein ini sangat baik dikonsumsi anak-anak dalam masa pertumbuhan. Pertama, siapkan bahan-bahan seperti 1 kaleng tuna dalam minyak, 2 buah jagung yang dipipil, minyak goreng, garam dan gula secukupnya, serta bumbu seperti 8 buah cabai rawit, 6 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 1 batang daun bawang, 1 ruas jahe kupas. Lalu, buka kemasan tuna kaleng dan tuangkan pada wadah. Siapkan wajan dengan api sedang, dan tumis bumbu kecuali daun bawang sampai harum. Masukkan tuna kaleng beserta jagung pipil dan aduk hingga rata. Tambahkan garam dan gula secukupnya. Saat hampir matang, taburi dengan irisan daun bawang dan sajikan hangat di piring.

  1. Tuna Patties

(foto : simplyrecipes.com)

Siapkan bahan-bahan dasar seperti 2 buah tuna kaleng, 2sdt mustard, ½ cangkir roti tawar, 1sdt perasan lemon, 1sdm air, 2sdm daun parsley cincang, 2sdm bawang merah cincang, 2sdm minyak zaitun, garam, lada bubuk, 1 butir telur dan ½ sdm mentega. 

Lalu, campurkan ikan tuna, mustard, potongan roti tawar, perasan jeruk lemon, daun parsley cincang, bawang merah cincang, air dan minyak zaitun. Taburi dengan garam dan lada bubuk. Masukkan 1 butir telur dan aduk hingga merata. Bagi adonan menjadi 4 bagian dan diamkan selama 1 jam. 

Panaskan minyak zaitun dan sedikit mentega di penggorengan dan goreng tuna patties hingga matang. 

  1. Ikan Tuna Suwir

(foto : yummy.co.id)

Olahan ini terbilang paling mudah dan cocok dijadikan pendamping makanan lainnya. Pertama, siapkan 100gr selada yang diiris tipis, 100gr tomat yang dipotong bulat, 50gr wortel diserut, 50gr timun hijau dan serut, serta 50gr tuna kaleng. Untuk bahan dressing diperlukan 3sdm mayonaise, 100gr tahu yang dikukus dan dihaluskan, 3sdm saos tomat, bawang bombay secukupnya, merica halus dan penyedap rasa.

Buat dressing terlebih dahulu dengan mencampurkan mayonaise, tahu kukus, saos tomat, penyedap rasa, merica, bawang bombay, dan aduk merata. Siapkan wadah berukuran sedang dan atur selada, tomat, timun serta suwiran ikan tuna di atasnya. Siram dengan dressing dan siap dihidangkan. 


Search



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz