Cara Tepat Membersihkan Sisir Sesuai Jenisnya

1 Agustus 2019 11:20 WIB

 

Sama halnya dengan aktifitas mencuci rambut untuk menjaga kebersihan rambut, memperhatikan kebersihan sisir juga menjadi salah satu poin penting untuk selalu memiliki rambut yang sehat terawat. Minyak, debu dan kuman dapat menempel dan menumpuk di atas permukaan sisir seiring sisir itu digunakan sepnjang waktu. Sisir yang kotor juga dapat menimbulkan masalah kesehatan pada rambut seperti ketombe, rambut rontok hingga infeksi kulit kepala. Untuk ini simak cara tepat untuk membersihkan sisir sesuai dengan jenisnya.

1. Plastic Comb (Sisir Plastik)

 

Cara membersihkan sisir plastik cukup mudah. Womanblitzer cukup menyiapkan beberapa alat seperti tusuk gigi, sikat gigi, tisu, wadah, shampoo, handuk dan air hangat. Cara pertama yaitu dengan membuang kotoran yang terlihat menggunakan tisu. Kemudian rendam sisir dalam wadah yang berisikan air hangat dan sampo. Untuk menghilangkan kotoran dan minyak selama 20 hingga 30 menit.

Lalu, gunakan sikat gigi bekas untuk menyikat sisir yang masih terendam sampo. Gunakan tusuk gigi untuk membersihkan kotoran kecil yang menempel pada sisir. Kemudian bilas sisir dengan air bersih dan rendam sisi menggunakan air dicampur beberapa tetes tea trea oil untuk membasmi kuman yang tersisa. Terakhir bilas sisir lalu keringkan dengan handuk.

2. Wooden Brush (Sisir Kayu)

 

Cara membersikan sisi kayu kurang lebih sama dengan cara membersihkan sisir plasti. Namun, perlu diingat jika sisir kayu tidak begitu tahan jika direndam di dalam air dalam waktu lama. Untuk itu, ketika membersihkan sisir kayu, cukup rendam sisir dalam aktu kurang lebih 3 menit saja. Kemudian lakukan langkah-langkah seperti untuk membersihkan sisir plastic di atas.

 

3. Round Hair Brush

 

Cara untuk membersihakn round hair brush juga kurang lebih sama seperti untuk membersihkan plastic com. Anda juga dapat membersihkan jenis sisir ini menggunakan alcohol atau apel cider vinegar yang direndam bersamaan dengan air. Pastikan jika merendam sisir ini menggunakan alkolo atau apple cider vinegar tidak merendam gagang sisir karena dapat merusaknya.

4. Bristle Hair Brush

 

Untuk membersihkan sisir jenis bristle hair brush perlu melakukan deep cleansing. Cara untuk membersihkan deep cleansing adalah dengan mencampur baking soda dan cuka ke dalam air lalu merendamnya. Pastikan jika menggunakan metode deep cleansing ini tidak dilakukan untuk sisir berbahan kayu karena dapat merusak sisir.

 

 

 

 

 

 

 



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz