Cara Mudah Tingkatkan Bonding dengan Anak Sambil Menjaga Lingkungan

4 Februari 2020 12:10 WIB

Gaya hidup zero waste memang sudah disosialisasikan kemana saja. Mulai dari penggunaan alat rumah tangga maupun tren busana. Bukan hanya dalam hal gaya hidup saja, zero waste pun bisa diterapkan dalam gaya parenting. Ya, dengan meminimalkan terbuangnya quality time karena aktivitas orang tua dengan anak ataupun karena asiknya bermain gadget. Sudah pernah dengar tentang Organic Parenting? Mungkin saat ini yang terlintas hanya tentang penggunaan barang-barang organik. Namun, gaya mengasuh anak juga bisa lho dilakukan secara organik.

Menurut salah seorang psikolog, Ayoe Soetomo M.Si, Organic Parenting bisa dimulai dengan pemberian makanan sehat bergizi pada anak sejak dalam kandungan. Namun, jika anak sudah beranjak usia, bisa dimulai dengan pengenalan sayur dan buah yang baik untuk kesehatan. Orang tua pun bisa berkreativitas dalam mengolah sayur untuk menjadi makanan yang menarik dan tidak menakutkan untuk anak-anak. 

Kedekatan antara orang tua dan anak dalam Organic Parenting sebenarnya dapat dimulai dari hal-hal kecil seperti menyiapkan bekal bersama, piknik di taman dekat rumah, belajar membuang sampah pada tempatnya, ataupun membuat kerajinan dari sampah daur ulang. Waktu liburan si anak pun tidak akan membosankan karena orang tua dapat mengajak mereka untuk pergi ke alam terbuka, berkemah salah satunya. 

Organic Parenting memang masih awam bagi masyarakat Indonesia. Namun, apa salahnya untuk dicoba? Yuk, mulai tingkatkan bonding dengan anak sambil menjaga kelestarian lingkungan.



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz