Cara Mudah Rawat Karpet di Rumah

Cara Mudah Rawat Karpet di Rumah
21 Juni 2020 15:10 WIB

Karpet memang menjadi aksen yang memperindah dekorasi rumah. Namun, terkadang ada beberapa hal yang membuat karpet mudah kotor dan susah dibersihkan. Womanblitzer bisa mengikuti cara-cara di bawah ini untuk membuat karpet tetap indah dan terawat.

  1. Penempatan Karpet

Karena karpet adalah barang yang mudah kotor, tempatkan pada bagian rumah yang tidak banyak dilewati orang dalam artian hanya sebagai hiasan. Usahakan tidak terlalu banyak terpapar sinar matahari, karena beberapa bahan dan pewarna pada karpet bisa luntur jika terkena sinar matahari berlebih. Tempatkan pada suhu ruangan yang cukup, karena bakteri mudah tumbuh jika karpet berada di ruang yang terlalu lembap.

  1. Perawatan Rutin

Usahakan untuk membersihkan karpet secara rutin dari debu dan kotoran minimal dua sekali dalam seminggu. Womanblitzer bisa menggunakan vacuum atau alat pembersih lainnya. Lakukan penjemuran rutin saat panas matahari terik untuk membunuh bakteri di dalamnya. 

  1. Pembersihan Noda Khusus

(foto : easylifedrycleaning.com)

Karpet memiliki banyak tekstur dan bahan yang berbeda. Jika womanblitzer menemukan noda pada karpet, cara mudah yang dilakukan adalah membersihkannya dengan campuran lemon serta air. Sediakan botol semprot kosong dan isi dengan campuran perasan sebutir lemon dengan air hangat, tambahkan cuka atau soda kue. Kocok campuran hingga merata dan semprotkan pada permukaan noda. Diamkan selama 5-10 menit dan bersihkan dengan kain tipis agar tidak merusak permukaan karpet. 


Search



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz